Breaking News:

Sahabat Rasulullah

Kisah Sahabat Nabi, Mushab bin Umair Duta Islam yang Pertama

Dalam Biografi 60 Sahabat Rasulullah karya Khalid Muhammad Khalid, bab mengenai Mushab bin Umair diberi judul Duta Islam yang Pertama.

Shutterstock
ILUSTRASI - Suhu udara di sepanjang bulan Ramadhan di sebagian besar wilayah Arab Saudi bisa mencapai 65 derajat celsius. 

TRIBUNJAMBI.COM – Mushab bin Umair, sahabat Nabi yang rela meninggalkan kekayaan demi agama Islam.

Mushab bin Umair atau Mush’ab ibn Umair punya peran sangat penting bagi perkembangan Islam karena ia menjadi duta Islam yang pertama.

Selepas ia diusir oleh ibunya karena teguh memeluk Islam, akhirnya Rasulullah SAW menunjuk Mushab bin Umair mengemban tugas yang paling berat pada saat itu.

Ia menjadi duta ke Madinah untuk mengajarkan agama kepada kaum Anshar yang telah beriman dan berbai'at kepada Rasulullah saw di Bukit Aqabah, mengajak selain mereka untuk masuk Islam, serta menyiapkan Madinah untuk menyambut hijrah yang agung. Itulah mengapa Mushab menjadi sahabat Nabi yang tak kalah penting.

Dalam Biografi 60 Sahabat Rasulullah karya Khalid Muhammad Khalid, bab mengenai Mushab bin Umair diberi judul Duta Islam yang Pertama.

Khalid Muhammad Khalid  menulis ketika itu di antara para sahabat Rasulullah SAW sebenarnya masih ada beberapa sahabat yang lebih tua dan lebih berkedudukan dibandingkan dengan Mushab serta memiliki hubungan kerabat yang lebih dekat dengan Rasulullah.

Akan tetapi, Rasulullah telah memilih Mushab bin Umair.  

Di Madinah Mushab bin Umair tinggal bersama As'ad ibn Zararah sebagai tamu di rumahnya. Mereka mendatangi berbagai kabilah, rumah, dan majelis untuk menyampaikan ajaran Islam.

Ketika Mushab diutus di Madinah tidak ada pemeluk Islam, kecuali dua belas orang yang sebelumnya telah membai'at Rasulullah dalam Ba'iat Aqabah.

Namun, hanya beberapa bulan setelah Mushab berada di tengah-tengah mereka, sudah banyak penduduk yang bersedia memenuhi seruan Allah dan Rasul-Nya.

Halaman
12
Penulis: Deddy Rachmawan
Editor: Deddy Rachmawan
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved