Breaking News:

Berita Pemkab Tanjabbar

Perwakilan Asosiasi Petani Swadaya (FPS-MRM dan APBML) Berbincang Sore Dengan Bupati Tanjabbar

Bertempat di Rumah Dinas Bupati Tanjung Barat Kamis, (8/4) Setara Jambi bersama pimpinan Asosiasi Petani Swadaya Berkelanjutan sebanyak 12 orang

Istimewa
Respon baik Bupati saat berdiskusi dengan petani sawit RSPO 

TRIBUNJAMBI.COM, TANJABBAR - Bertempat di Rumah Dinas Bupati Tanjung Barat Kamis, (8/4) Setara Jambi bersama pimpinan Asosiasi Petani Swadaya Berkelanjutan sebanyak 12 orang dan Dinas Perkebunan dan Peternakan Tanjung Jabung Barat berkunjung untuk berdiskusi dengan Bupati Tanjung Jabung Barat Drs. H. Anwar Sadat, M.Ag.

Petani yang hadir merupakan perwakilan dari Forum Petani Kelapa Sawit Merlung Renah Mendaluh (FPS-MRM) dan Asosiasi Petani Berkah Mandah Lestari (APBML), merupakan kelompok tani sawit swadaya Tanjung Jabung Barat yang telah mendapatkan sertifikat RSPO.

Disambut langsung oleh Bupati, pertemuan itu menjadi silahturahmi dan pengenalan diri untuk Setara Jambi dan petani yang hadir.

Pertemuan di buka oleh Fauziah SP selaku Sekretaris DISBUNAK TANJABBAR dengan menyampaikan maksud tujuan kunjungan ini dan informasi bahwa sejak tahun 2015 telah mengenal Setara sebagai pendamping beberapa petani di TANJABBAR dan DISBUNAK mendukung penuh program yang dilakukan oleh Setara Jambi.

Foto bersama antara Bupati Tanjabbar, Setara Jambi, Dinas Perkebunan, dan Petani RSPO APBML & FPSMRM
Foto bersama antara Bupati Tanjabbar, Setara Jambi, Dinas Perkebunan, dan Petani RSPO APBML & FPSMRM (Istimewa)

Perkenalan dilanjutkan oleh Direktur Setara Jambi Nurbaya Zulhakim yang menyampaikan tentang program pemberdayaan petani swadaya dalam mewujudkan pertanian kelapa sawit yang berkelanjutan di Kabupaten Tanjug Jabung Barat.

Disebutkan bahwa saat ini terdapat 608 petani swadaya yang telah mendapatkan sertifikat sawit berkelanjutan RSPO dengan luas lahan 1489 Hektar.

Dari proses pemberdayaan yang dilakukan sedikitnya telah merubah cara bertani petani menjadi lebih baik, tidak hanya dalam aspek produksi tapi juga pada social dan lingkungan.

Kemudian Suhaili dan Ardiansyah selaku ketua Asosiasi petani sawit berkelanjutan juga menyampaikan tentang proses mendapatkan sertifikat RSPO dan manfaat yang telah mereka dapatkan. Pelatihan-pelatihan, pembentukan kelembagaan petani dan juga tantangan dalam pengurusan legalitas seperti STDB.

“Kami terus berusaha memperbaiki cara berkebun kami agar tidak merusak lingkungan seperti yang selama ini di cap oleh dunia luar, kami telah memperjuangkan nama baik TANJABAR dengan menjadi anggota RSPO, tentu kami juga berharap ke depan bisa memproleh sertifikat ISPO, oleh karena itu kami sangat mohon bantuan dari pemerintah kabupaten untuk dapat mendukung upaya kami, misalnya dalam urusan STDB, kami berharap untuk segera diterbitkan berkas yang telah lama kami ajukan, karena itu menjadi dokumen yang penting yang harus petani miliki selain SHM,”

Pada moment ini juga Suhaili dan Ardiansyah menyampaikan permohonan kepada Bupati untuk dapat dapat hadir di Sekretariat Petani Sawit Berkelanjutan untuk memberikan sertifikat RSPO secara simbolis sekaligus menyaksikan Panen Lubuk Larangan di Desa Sungai Rotan.

Baca juga: INILAH Awal Ramadhan 1442 H Muhammadiyah, NU dan Kemenag Dalam Menetapkan Ramadhan 2021

Baca juga: Maling Syok Dapat Kejutan Nyanyian Selamat Ulang Tahun dari Polisi : Paket Paket

Baca juga: Pose Via Vallen Pakai Dress Transparan Mejeng di Pantai Buat Penasaran, Netizen: Itu Pantai Apa?

Bincang hangat bersama Bupati Tanjabbar mengenai inisiatif sawit berkelanjutan
Bincang hangat bersama Bupati Tanjabbar mengenai inisiatif sawit berkelanjutan (Istimewa)

Bupati sangat mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh Setara Jambi dan petani. Ia juga memberikan beberapa arahan terkait permasalahan yang telah disampaikan.

“Saya sangat mendukung kelompok tani dan NGO seperti Setara Jambi yang peduli akan lingkungan dan berkomitmen kepada pertanian berkelanjutan. Terkait kepengurusan STD-B, itu akan lebih mudah karena sekarang sudah diserahkan kembali ke dinas terkait Dinas Perkebunan,”jelas Bupati Tanjung Jabung Barat.

Bupati juga akan menghimbau kepada dinas terkait untuk mempermudah segala kepengurusan perizinan dan dokumen yang dibutuhkan petani untuk mendorong pertanian yang berkelanjutan, bupati menyambut baik undangan Asosiasi petani untuk dapat hadir ke Desa Sungai Rotan.

Baca juga: SEPAK Terjang Lia Eden yang Pernah Dua Kali Dipenjara hingga Sempat Tantang Ratu Pantai Selatan

Baca juga: Promo Giant Hari Ini 11 April 2021 Beli 2 Gratis 1 Harga Spesial Diskon Hingga 40%

Baca juga: Hukumnya Tengah Malam Shalat Tahajud saat Ramadhan 2021/1442 H, Apakah Harus Ditutup dengan Witir?

Berita lainnya seputar Kab Tanjabbar

Editor: Andreas Eko Prasetyo
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved