Breaking News:

Berita Tebo

13 Desa di Tebo akan Dimekarkan, Ini Keutungannya Bagi Sukandar

Diakui Bupati Sukandar banyak keuntungan dari pemekaran desa. Selain memperdekat pelayanan, juga bisa mempercepat proses pembangunan desa.

tribunjambi/hendro sandi
Bupati Tebo Sukandar saat meninjau desa-desa di Kabupaten Tebo 


TRIBUNJAMBI.COM, MUARATEBO - Pemekaran sebanyak 13 desa di Kabupaten Tebo terus diupayakan Pemerintah Kabupaten (pemkab) Tebo. 

Bahkan sejak tahun 2019, sudah dilakukan pembahasan tentang pemekaran desa. Namun di karenakan ada aturan dan mekanisme yang berubah, maka hingga kini tiga belas Desa tersebut masih menunggu proses menjadi Desa Definitif.

Bupati Tebo, Sukandar mengatakan proses pemekaran desa masih dalam proses menyelesaikan persoalan jumlah KK, dan tapal batas di lapangan. Tujuannya agar proses pemekaran bisa rampung.

"Segala potensi persoalan yang ada segera kita selesaikan, semisal persoalan tapal batas. Harus jelas tapal batasnya karena ini juga termasuk salah satu syarat yang wajib dipenuhi untuk lakukan pemekaran desa. Besok kita akan turunkan tim ke lapangan," kata Sukandar (30/3/2021).

Lebih lanjut Sukandar menyebutkan, proses pemekaran desa saat ini masih terus berjalan. Pihaknya saat ini masih menunggu penetapan titik kordinat batas wilayah desa.

"Terus berjalan, kita masih menunggu penetapan titik kordinat batas. Memang proses batas ini agak sedikit alot," ungkapnya.

Menurutnya, Perbup desa persiapannya sudah kelar, san sudah dikirimkan ke provinsi untuk didaftarkan. "Kerja tim sedang berjalan. Mudah-mudahan ini cepat terealisasi," bilangnya.

Diakui Bupati Sukandar banyak keuntungan dari pemekaran desa. Selain memperdekat pelayanan, juga bisa mempercepat proses pembangunan desa.

"Kalau nantinya disetujui oleh kementerian dan sudah diregister, tentu dana desa dan alokasi dana desa serta bagi hasil pajak bisa bertambah. Yang pada akhirnya bermuara pada percepatan pembangunan di desa tersebut," pungkasnya.

(Tribunjambi/hendrosandi)

Baca berita lain terkait Tebo

Baca juga: LH Kerinci akan Olah Ulat Belatung 

Baca juga: Kue Enak Delapan Jam Khas Seberang Kota Jambi Menu Spesial Pada Hari Lebaran

Baca juga: Warga Kota Jambi Pendataan Keluarga akan Dimulai Besok

Penulis: HR Hendro Sandi
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved