Breaking News:

Berita Kota Jambi

Warga Kota Jambi Pendataan Keluarga akan Dimulai Besok

Sisi lain untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk dengan menjaga kualitas dan struktur penduduk melalui cara yang seimbang.

Tribunjambi/Rara
Irawati Sukandar, Kepala DPMPPA Kota Jambi 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Warga Kota Jambi diimbau akan adanya pendataan keluarga, mulai 1 April sampai 31 Mei 2021. Pendataan keluarga dimaksudkan untuk perencanaan melihat indeks pembangunan keluarga (IPK).

Irawati Sukandar, Plt Kepala DPPKB juga Kepala DPMPPA Kota Jambi mengungkapkan untuk mengkategorikan IPK, apa bila nanti didapatkan data-data yang menjadi bahan sesuai dengan format beberapa variabel.

Sisi lain untuk mengendalikan pertumbuhan penduduk dengan menjaga kualitas dan struktur penduduk melalui cara yang seimbang.

Adanya pendataan ini merujuk pada UU Nomor 52 Tahun 2009 tentang perkembangan kependudukan, kemudian PP Nomor 87 Tahun 2014 tentang perkembangan kependudukan, keluarga, KB, dan sistem informasi keluarga. Terakhir ada pada UU Nomor 23 Tahun 2014.

Ada 13 variabel kependudukan, 9 variabel Keluarga berencana yaitu jadi tentang penggunaan alat-alat kontrasepsi, 32 variabel pembangunan keluarga.

misalnya nomor anggota keluarga sampai ke nama unik dari anggota keluarga sampai ke jenis kelamin, tanggal lahir, status perkawinan pada saat perkawinan pertama yang bertujuan melihat itu pernikahan dini atau tidak

Terus kepemilikan hubungan dengan kepala keluarganya terus agama, status pekerjaan, pendidikan, serta kepesertaan asuransi kesehatan, dan keberadaan anggota keluarga satu tahun terakhir.

Sedangkan keluarga berencana, yaitu jumlah anak, penggunaan alat kontrasepsi bagi pasangan usia subur, sumber-sumber di mana mendapatkan pelayanan KB.

"Mungkin di fasilitas kesehatan yang mana, kan ada pilihan tuh. Ada rumah sakit, Puskesmas, bidan, praktek swasta," kata Irawati.

Kemudian, untuk variabel pembangunan keluarga dibagi dalam 3. Yaitu kenyamanan, ketentraman, dan kebahagiaan.

Selain itu e-poster juga disebar dengan menuatakau bahwa 'akan ada petugas pendataan yang mengunjungi rumah warga'. E-poster tersebut telah disematkan logo Dinas Kominfo Kota Jambi, DPPKB, BKKBN.
.(TribunJambi/Rara Khushshoh Azzahro)

Baca berita lain tentang Kota Jambi

Baca juga: DETIK-DETIK Evakuasi 3 Warga Merangin yang Terjebak di PETI Lubang Jarum, Korban Meninggal Dunia

Baca juga: CARA Mengisi SPT Tahunan Secara Online serta Cara Dapatkan PIN EFIN Bila Hilang, Terakhir 31 Maret

Baca juga: Kepincut Pesona Oknum Polisi Senior, Bu Polwan Ketahuan Suami Lagi Ngamar di Hotel Terekam Kamera

Penulis: Rara Khushshoh Azzahro
Editor: Nani Rachmaini
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved