Breaking News:

Pilgub Jambi

Yusril Ihza Mahendra Minta Pilgub Jambi di 5 Kabupaten Diulang, CE-Ratu Menang Selisih 2.000an Suara

Yusril Ihza Mahendra, Kuasa hukum pasangan Cek Endra dan Ratu Munawaroh (CE-Ratu), minta Pilgub Jambi diulang karena adanya pelanggaran.

Editor: Rahimin
(KOMPAS.com/SUWANDI)
Tangkapan layar saat kuasa hukum paslon Cek Endra-Ratu Munawaroh (CE-Ratu), Yusril Ihza Mahendra, menyampaikan materi gugatan pada sidang MK secara daring, Selasa (26/1/2021). Yusril Ihza Mahendra Minta Pilgub Jambi di 5 Kabupaten Diulang, CE-Ratu Menang Selisih 2.000an Suara 

Yusril Ihza Mahendra Minta Pilgub Jambi di 5 Kabupaten Diulang, 'CE-Ratu Menang Selisih 2.000 an Suara'

TRIBUNJAMBI.COM - Yusril Ihza Mahendra, Kuasa hukum pasangan Cek Endra dan Ratu Munawaroh (CE-Ratu), minta Pilgub Jambi diulang karena adanya pelanggaran.

Tuntutan itu disampaikan dalam sidang gugatan hasil pemilihan gubernur (pilgub) Jambi dalam sidang MK secara online (daring), Selasa (26/1/2021).

Menurut Yusril, terdapat 13.487 suara yang tidak sah, karena pemilihnya tidak mengantongi KTP elektronik dan suket, namun dibolehkan memilih oleh KPU Jambi.

Baca juga: BREAKING NEWS Ketua Relawan Pro Jokowi-Maruf Amin Ditahan Bareskrim, Kasus Rasialisme Natalius Pigai

Baca juga: SAH, Jenderal Listyo Sigit Prabowo Jadi Orang Nomor Satu di Polri, Jenderal Idham Azis Diberhentikan

Baca juga: Masyarakat Payo Lebar Antusias Dukung Farti Suandri Maju Pilwako Jambi Lewat Jalur Perseorangan

"Dengan adanya pemilih yang tidak berhak ini, telah menguntungan pasangan lain dan merugikan CE-Ratu," kata Yusril dalam sidang MK secara daring, Selasa (26/1/2021).

Ia memohon kepada Mahkamah Konstitusi untuk membatalkan penetapan suara oleh KPU Jambi, karena dinilai terjadi pelanggaran secara terstruktur, sistematis dan masif.

Pelanggaran terjadi karena KPU membiarkan pemilih tanpa KTP elektronik atau suket, untuk masuk ke dalam TPS dan mencoblos.

Pemungutan suara ulang

Selanjutnya, Yusril minta MK mengabulkan gugatan dengan memerintahkan KPU Jambi melaksanakan pemilihan suara ulang di lima kabupaten, yakni Muarojambi, Kerinci, Tanjab Timur, Batanghari dan Kota Sungaipenuh.

Cek Endra-Ratu Munawaroh
Cek Endra-Ratu Munawaroh (Tribunjambi/Dunan)

"Harus dilakukan PSU di lima kabupaten, 15 kecamatan dan 41 kelurahan dan desa," kata Yusril.

Halaman
12
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved