Breaking News:

Positif Corona Jambi 303

Pasien Reaktif Rapid Test Asal Muaro Jambi Meninggal, Sempat Berobat di Rumah Sakit

Pasien reaktif rapid test asal Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi meninggal dunia pada Senin (31/8/20) malam.

LENSAINDONESIA.COM
Ilustrasi meninggal. 

TRIBUNJAMBI.COM,SENGETI-Pasien reaktif rapid test asal Sungai Gelam, Kabupaten Muaro Jambi meninggal dunia pada Senin (31/8/20) malam.

Informasi yang dihimpun tribunjambi.com, pasien 61 tahun tersebut awalnya datang ke rumah anaknya di Palembang sekitar sebulan yang lalu.

Meninggalnya pasien tersebut diakui Plt Kepala Dinas Kesehatan Muarojambi Yes Isman. Saat ini pasien sudah dimakamkan sesuai protokol kesehatan Covid-19 oleh tim pemakaman gugus tugas penanganan Covid-19 Muaro Jambi.

BREAKING NEWS Jenazah Pasien Covid-19 di RSUD Raden Mattaher Jambi Dijemput Paksa

Kepala Ombudsman Akui Sempat Komunikasi dengan Dirut RSUD Raden Mattaher Terkait BPPD 

"Iya benar pasien hasil rapid testnya reaktif dan sebelum meninggal dan sudah diambil sampel swabnya namun hasilnya masih menunggu atau belum keluar," kata Yes Isman Rabu (2/9/2020).

Ia juga mengatakan saat di rumah anaknya, beliau sakit selanjutnya berobat ke salah satu rumah sakit swasta di Kota Jambi. Sesuai SOP rumah sakit, setiap pasien yang berobat wajib di-rapid test terlebih dahulu.

"Hasil rapid tesnya menunjukkan hasil reaktif, informasinya, AR memiliki riwayat penyakit penyerta," jelasnya.

Ia juga menyampaikan pasien tersebut telah dimakamkan di tempat tinggal anaknya di daerah Kebon IX Kecamatan Sungai Gelam. Namun mendapat penolakan dari warga sekitar. Keluarga pun pada awalnya menolak jika keluarganya tersebut dimakamkan secara protokol Covid-19.

"Setelah mendapat edukasi dan penjelasan dari pihak rumah sakit dan dinas kesehatan akhirnya keluarga setuju pasien dimakamkan dengan protokol Covid-19. Keluarga juga setuju serta sepakat kalau pasien dimakamkan di pemakaman khusus Covid-19 di KM 36 Kecamatan Sekernan Muaro Jambi," kata Yes Isman.

Sementara Plt Kepala Pelaksana BPBD Muarojambi Alias turut membenarkan bahwa ada pasien reaktif rapid test dimakamkan di pemakaman khusus dengan protokol Covid-19. Pasien tersebut dimakamkan pada Selasa (1/9/20) sore hingga malam hari.

"Iya benar tadi dimakamkan oleh tim kita sejak sore hingga malam hari. Pasien ini dimakamkan oleh tim pemakaman gugus tugas dengan menggunakan protokol kesehatan Covid-19," tutup Alias.(tribunjambi.com/ Hasbi Sabirin)

Penulis: Hasbi Sabirin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved