Breaking News:

Editorial

Saat Merayakan HUT ke-75 Republik Indonesia Dalam Suasana Pandemi di Kota Jambi

Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia. Semua rakyat Indonesia suka menyambut hari kemerdekaan, walau masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Penulis: Rahimin | Editor: Rahimin
tribunjambi/aryo tondang
Anggota Satlantas Polresta Jambi ikut bersama warga menyanyikan lagu Indonesia Raya, Senin (17/8/2020) di simpang Jelutung, Kota Jambi. 

Pada 2020 ini, Hari Ulang Tahun ke-75 Republik Indonesia. Semua rakyat Indonesia suka menyambut hari kemerdekaan, walau masih dalam suasana pandemi Covid-19.

Upacara peringatan detik-detik Proklamasi tahun ini juga berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena dirayakan di tengah pandemi Covid-19. Tidak seperti tahun-tahun sebelumnya.

Anggota Satlantas Polresta Jambi ikut bersama warga menyanyikan lagu Indonesia Raya, Senin (17/8/2020) di traffic light Simpang Puncak.
Anggota Satlantas Polresta Jambi ikut bersama warga menyanyikan lagu Indonesia Raya, Senin (17/8/2020) di traffic light Simpang Puncak. (tribunjambi/aryo tondang)

Seperti di Istana Merdeka, hanya ada 8 anggota paskibraka saja. Bahkan, peserta upacara di Istana Merdeka dibatasi dan undangan mengikuti prosesi tersebut secara virtual. 

Cerita Imam Gogor, Komandan Upacara Detik-detik Proklamasi di Istana Saat Pandemi, Sangat Berkesan

Ibunda Diam Terpaku, Tidak Ada Air Mata Saat Melihat Pemakaman Jaksa Fedrik Hanya Lewat Ponsel

Waspadalah, Jumlah Masyarakat Indonsia Yang Sudah Terpapar Covid-19 Tembus Angka 141.370 orang

Di Provinsi Jambi, pemprov, pemkot dan pemkab-pemkab juga menggelar upacara peringatan ulang tahun ke-75 Republik Indonesia. Namun, upacara digelar dengan menerapkan protokol kesehatan. Peserta upacara wajib memakai masker ataupun menjaga jarak.

Walau menerapkan protokol kesehatan, tidak mengurangi makna hari kemerdekaan. Semua tetap semangat. Bahkan, siswa-siswa SD, SMP di Kota Jambi ikut juga upacara secara virtual dari rumah.

Masyarakat menikmati pemandangan 1.000 bendera merah putih di Gentala Arasy yang dilakukan oleh Lintas komunitas, Senin (17/8/2020).
Masyarakat menikmati pemandangan 1.000 bendera merah putih di Gentala Arasy yang dilakukan oleh Lintas komunitas, Senin (17/8/2020). (tribunjambi/ade setyawati)

Selain itu, yang membedakan peringatan detik-detik Proklamasi tahun ini dengan tahun sebelumnya, seluruh masyarakat, baik di rumah ataupun yang berada di luar rumah, mengentikan aktivitas mereka, memberikan penghormatan.

Di persimpangan jalan protokol di Kota Jambi, traffic ligth dimerahkan semua. Tepat pukul 10.17-10.20, warga yang melintas, pengendara motor dan pengendara mobil,  keluar berdiri tegak dengan sikap sempurna.

Staf Khusus Menteri Terpapar Virus Corona, Mensesneg Pratikno Langsung di Swab Test

Jadi Plt Ketua Umum PSI, Giring Nidji Ramai Disebut Bakal Dijadikan Partainya Calon Presiden 2024?

Jaksa Kasus Penyiraman Air Keras Terhadap Novel Baswedan Meninggal Karena Covid-19

Mereka memberi penghormatan sambil menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya yang didengar melalui speaker yang tersedia disemua persimpangan.

Ini dilakukan dgn menggunakan teknologi ATCS (Area Traffic Control System) yang dikendalikan dari ruang kendali Jambi City Operation Center (JCOC) di Kantor Wali Kota Jambi. 

Walau semua peringatan hari kemerdekaan dirayakan dalam suasana prihatin ini, janganlah kita semua berputus asa.

Kelakuan Meggy Wulandari, Baru Seminggu Cerai dengan Kiwil Langsung Pepet Duda: Usianya Lebih Tua

Bertuliskan Nama Lengkap Dikertas, Bayi Perempuan Dibuang di Depan Panti Asuhan Bikin Heboh

Pria Ini Tewas dengan Luka Tusuk di Dada Gegara Minta Uang Rokok ke Istri, Sempat Lakukan Hal Ini

Tetap kita harus memaknai kemerdekaan ini dengan penuh semangat membangun, dan melakukan hal-hal positif untuk bangsa ini. 

Merayakan HUT ke-75 Republik Indonesia walau dalam suasana pandemi, anggaplah ini sebagai bahan cerita ke anak cucu kalau pernah merayakan hari kemerdekaan dalam suasana bencana melanda.

Jangan Lupa, Bantuan Rp600 Ribu untuk Karyawan Swasta Cair 25 Agustus Ini, Apa Saja Syaratnya?

Rencana Besar Erick Thohir Garap Sarinah, Ini Sejarah Mall Pertama di Jakarta Zaman Soekarno

Pria Ini Tewas dengan Luka Tusuk di Dada Gegara Minta Uang Rokok ke Istri, Sempat Lakukan Hal Ini

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2021 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved