Milenials Jambi Bicara Makna Berqurban dan Hikmah Idul Adha Saat Pandemi

Idul Adha 2020 ini kita masih saja menghadapi pandemi covid 19 seperti Idul Fitri lalu.

Tribunnews.com/Apfia Tioconny Billy
ILUSTRASI Ayu Ting Ting berfoto di samping hewan kurbannya di kediamannya di kawasan Depok, Jawa Barat, Minggu (11/8/2019) tahun lalu. 

TRIBUNJAMBI.COM - Idul Adha 2020 ini kita masih saja menghadapi pandemi covid 19 seperti Idul Fitri lalu. Padahal momen hari raya Idul Adha juga identik dengan berkumpul bersama keluarga dan makan bersama.

Meskipun begitu tetap saja pemotongan hewan qurban harus dilakukan.Umat Islam tetap merayakan Idul Adha dengan menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran Covid-19.

Lewat kejadian ini tentu ada hikmah yang dapat kita ambil. Berikut pendapat dari para milenials Jambi tentang makna berqurban.

 
Rahmadani Fitri Anisa, Mahasiswa

Berqurban itu mendekatkan diri, mempersembahkan atau memberikan sesuatu kepada tuhan dengan sesuatu yang dikorbankan, yang dalam konteks islam sesuatu yang diqurbankan itu adalah hewan ternak seperti sapi, unta dan kambing.

Menurut pendapat saya, menyaksikan penyembelihan hewan kurban bisa memberikan pengalaman edukatif bagi anak-anak karena terlihat anak-anak tersebut antusias melihat proses pemotongan hingga pengulitan hewan kurban.

Terapkan Protokol Kesehatan, Pelaksanaan Salat Idul Adha di Mesjid Agung Al-Falah Berjalan Hikmad

Kurban Dua Sapi Semok, Ayu Ting Ting Rasakan Berbeda Tahun Ini, Bukan Karena Korona

Terjadi Gempa di Pagi Hari Perayaan Idul Adha 2020

Bahkan mereka rela berkumpul sejak pagi sekira pukul 07.00 WIB setelah melaksanakan salat Idul Adha.

Ini momen untuk mengajarkan kepada anak anak adab terhadap hewan. Adab terhadap hewan yang dimaksud yaitu saat menyembelih harus berlaku baik dan santun pada hewan yang disembelih.

Rahmadani
Rahmadani (tribunjambi/nurlailis)

Selain itu dengan melibatkan anak-anak ketika menyembelih hewan kurban, anak-anak bisa berbagi tugas untuk membagikan daging kepada warga, sehingga bisa menumbuhkan tekad berkurban pada diri anak tersebut.

Menu yang paling dinantikan saat Idul Adha yaitu rendang. Bisa dikatakan bahwa rendang bukan hanya populer di negeri sendiri. Sekarang rendang bahkan sudah mendunia. Kehadirannya pun tentu menjadi sangat dinanti saat Idul Adha. Rendang memang salah satu makanan yang terkenal kelezatannya.

Halaman
123
Penulis: Nurlailis
Editor: rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved