Breaking News:

Jambi Siaga Darurat Karhutla, 5.700 Personel Disiapkan untuk Padamkan Api

Status siaga darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Jambi berlaku hingga tiga bulan ke depan.

ist
Gubernur Jambi, Fachrori Umar (batik biru) saat mengahadiri Rakor Karhutla di KLHK 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI – Status siaga darurat Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Provinsi Jambi berlaku hingga tiga bulan ke depan.

Itu berdasarkan Surat Keputusan Gubernur Jambi Nomor 0532/Kep.Gub/BPBD-3/2020 tentang Penetapan Status Siaga Darurat Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan di Provinsi Jambi Tahun 2020.

“Status siaga darurat ini berlangsung selama 90 hari tepatnya dari 29 Juni sampai 26 September 2020,” ungkap Fachrori saat mengahadiri Rakor Karhutla di KLHK kemarin.

Selanjutnya, Fachrori menjelaskan dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) dalam penanggulangan Karhutla di Provinsi Jambi Tahun 2020, terdiri dari beberapa bagian. Seperti 1 SSY (360) orang prajurit TNI, 1.427 orang prajurit Polri, 285 orang personil Manggala Agni, 172 orang Brigdal karhutla di setiap UPTD dan UPTD Tahura, 398 orang TRC BPBD se Provinsi Jambi, 300 orang Masyarakat Peduli Api, 475 orang Masyarakat Destana Bentukan BNPB/BPBD (19 desa), serta personil dari perusahaan di bidang kehutanan/perkebunan 771 orang Regu Inti dan 1.556 regu bantuan.

Masuki Puncak Musim Kemarau, Api Mulai Muncul di Kumpeh Muarojambi

Gardan Mobil Damkar Bungo Dipreteli, Indones: Saya Tidak Tahu, Kemarin Hanya Ganti Pelek

Jalur Zonasi PPDB di Jambi Jadi Masalah, Orangtua Siswa Lapor ke Ombusdman 

“Total seluruhnya 5.744 orang,” ungkapnya.

Dia menambahkan, terdapat 258 Desa Rawan bencana Karhutla Provinsi Jambi berdasarkan kejadian karhutla tahun 2015 – 2019, yang tersebar di Kabupaten Muaro Jambi, Tanjung Jabung Barat, Tanjung Jabung Timur, Batang Hari, Sarolangun, Merangin, Tebo, dan Bungo.

Orang nomor 1 di Pemprov Jambi ini menegaskan bahwa Pemerintah Provinsi Jambi siap bersinergi dengan TNI dan Polri, Pemerintah Kabupaten/Kota se Provinsi Jambi, serta dengan seluruh instansi terkait dan pemangku kepentingan untuk mencegah dan mengendalikan karhutla di Provinsi Jambi.

Pj Sekda Provinsi Jambi Sudirman menambahkan bahwa benar status siaga darurat karhutla sudah di ajukan ke BNPB. Namun untuk bantuan dana bencanan Sudirman mengaku belum dibahas.

“Baru penetapan status baru keluar, usulan dari kita berapa dana bantuan belum, penetapan status baru setelah itu baru ditindaklanjuti tahapan selanjutnya,” katanya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved