Breaking News:

Jalur Zonasi PPDB di Jambi Jadi Masalah, Orangtua Siswa Lapor ke Ombusdman 

Pihak Ombudsman Perwakilan Jambi Provinsi Jambi menerima banyak keluhan dari masyarakat terkait pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB).

Tribunjambi/Zulkifli
Kepala Ombudsman Perwakilan Jambi, Jafar Ahmad 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Pihak Ombudsman Perwakilan Jambi Provinsi Jambi menerima banyak keluhan dari masyarakat terkait pelaksanaan penerimaan peserta didik baru (PPDB) tahun ini.

Namun kata Kapala Ombudsman Perwakilan Jambi Jakfar Ahmad, yang datang ke Ombudsman baru sebatas konsultasi, belum melapor secara resmi.

"Keluhan sudah kita terima, mungkin sudah ada teregister, karena yang datang kemarin itu kita arahkan dulu penyelesaiannya secara internal, jika tidak selesai secara internal, kita masuk sebagai laporan yang harus kita tindaklanjuti di Ombudsman," kata Jakfar.

Pada dasarnya, Jelas Jakfar, pihak Ombudsman sudah berkoordinasi dengan Dinas Pendidikan maupun pihak Kanwil Kemenag. Mereka sudah mempunyai mekanisme cukup baik dan memiliki layanan pengaduan jika ada masalah.

Kerap Timbul Permasalahan Siswa Titipan dalam PPDB, Ini Tanggapan Dinas Pendidikan Sarolangun

PPDB di SMP 1 Kuala Tungkal Tidak Ada Biaya Daftar Ulang, Seragam Boleh Beli di Luar

Kasus Nihil, Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Merangin Pernah Tetapkan 386 Orang Sebagai OTG

"Sehingga ketika ada laporan masuk ke Ombudsman kita arahkan dulu penyelesaianya di layanan pengaduan di Dinas. Dalam tidak jelas penyelesainya baru kita selesaikan melalui penyelesaian Ombudsman," jelasnya.

Untuk persoalan-persoalan yang disampaikan kepada Ombudsaman terkait PPDB ini, antara lain mengenai penerapan sistem zonasi.

Ombudsman sendiri telah meminta ke Dinas Pendidikan untuk percepatan penyelesaian laporan. Sepanjang peraturan telah dibuat dan memenuhi standar pelayanan publik maka tidak ada persoalan. Tapi kalau keluar dari aturan maka akan dikembalikan sesuai aturan.

"Kita harap ke pada masyarakat jika ada persoalan segera laporkan ke Ombudsman, karena jangan sampai nanti masalahnya belum selesai orang sudah sekolah," pungkasnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved