Breaking News:

Berita Kerinci

Jika Terjadi Tumpang Tindih, Data Penerima BLT Covid-19 di Kerinci Bisa Direvisi

Dalam merevisi data BLT, Pemerintah Desa hanya merubah Peraturan Kepala Desa (Perkades) yang sudah dibuat. Yakni untuk mengeluarkan maupun menambah...

ist
Ilustrasi penyerahan BLT 

TRIBUNJAMBI.COM, KERINCI - Terjadi gejolak penerima program Bantuan Langsung Tunai (BLT) yang bersumber dari Dana Desa, di beberapa desa di Kabupaten Kerinci. Hal itu terjadi karena dinilai tidak tepat sasaran dan tumpang tindih dengan bantuan lain.

Dalam penyaluran BLT tahap kedua, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa Kerinci, membolehkan untuk merevisi data penerima BLT.

Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Kerinci, Sahril Hayadi dikonfirmasi membenarkan hal tersebut.

LPP Purnawarman dan Tribun Jambi Bakal Adakan Pelatihan Pajak Online, Ikuti dan Catat Informasinya!

Sering Diantar Jemput, Kakak Ipar Tega Perkosa Adik Ipar Hingga Lima Kali, Begini Kronologinya

Dia menjelaskan, jika terjadi tumpang tindih dalam penyaluran bantuan sosial tahap pertama bagi warga terdampak Covid-19, maka yang bisa dilakukan yakni merevisi penerima BLT dari Dana Desa untuk tahap kedua.

Dalam merevisi data BLT, Pemerintah Desa hanya merubah Peraturan Kepala Desa (Perkades) yang sudah dibuat. Yakni untuk mengeluarkan maupun menambah penerima yang dinilai tepat sasaran.

2.068 Karyawan di Kota Jambi Dirumahkan Imbas Covid-19

Komisi III DPRD Kota Jambi Menyayangkan Pembangunan Jalan Cor di Kenali Bawah Tak Sesuai Standar

"Ya, Kita maunya bantuan ini tidak tumpang tindih dan yang paling bisa kita lakukan ketika ada data penerima yang tumpang tindih yakni merevisi data penerima BLT Desa. Karena kalau BLT Desa kita hanya merevisi Perkadesnya," ujarnya, Selasa (9/6/2020).

Selain itu dia juga mengakui, penyaluran BLT di Kabupaten Kerinci mengalami keterlambatan. Keterlambatan tersebut terjadi karena banyak Kepala Desa yang habis masa jabatannya dan harus dilakukan penetapan Pjs Kepala Desa.

"Berdasarkan data terakhir, dari 285 desa di Kabupaten Kerinci, yang sudah sudah mendapatkan rekomendasi untuk pencairan Dana Desa tahap pertama 150 desa. Sementara untuk 135 desa lainnya masih dalam proses pengajuan APBDes dan proses penetapan Pjs Kepala Desa," tandasnya.

Penulis: heru
Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved