Ilegal Driling

Seakan Sudah Tahu, Saat Dirazia Penambang Minyak Ilegal di Sarolangun Menghilang

Aktifitas penambangan minyak ilegal di Kabupaten Sarolangun memang sudah masuk pada kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI).

tribunjambi/wahyu herliyanto
Penutupan sumur minyak ilegal yang pernah dilakukan di Kabupaten Sarolangun 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Aktifitas penambangan minyak ilegal di Kabupaten Sarolangun memang sudah masuk pada kawasan Hutan Tanaman Industri (HTI).

Diakui pihak Polres, aktifitas pada kawasan itu sudah dilaporkan oleh pihak perusahaan yang bergerak di bidang HTI.

"Perusahaan yang di tempatnya ada aktifitas (ilegal) sudah melaporkan ke pemda dan aparat. Penegakan hukum dan penertiban sudah sangat sering dilakukan," ujar Kasat Reskrim, Polres Sarolangun, Iptu Bagus Faria, Jumat (5/6)

Lanjutnya, setiap bulan atau setiap dilakukan razia penertiban dan penegakan hukum, puluhan sumur disegel. Hal ini agar alat pengeboran tidak bisa digunakan lagi, baik pipa maupun penampungan minyak.

Berulangkali Ditertibkan, Penambangan Minyak Ilegal di Sarolangun Masih Saja Terjadi

Sempat Merintih, Terpidana Kasus Perzinahan di Aceh ini Tumbang Saat Jalani Hukuman Cambuk 100 Kali

Watak Asli Syahrini dan Luna Maya Dibongkar oleh Psikolog, Perbandingannya Bak Langit dan Bumi!

Beberapa barang yang bisa disita dan diamankan seperti pipa-pipa, mesin-mesin. Namun demikian, setelah ditinggalkan, lokasi itu muncul kembali secara sembunyi-sembunyi atau kucing-kucingan.

"Ada sekitar puluhan sumur aktif. Namun, setiap dilakukan razia, beberapa sumurnya tetap sama yang disegel yang dibuat tidak bisa digunakan. Setelah kita selesai razia sepertinya diperbaiki lagi oleh pelaku," katanya.

 Menyikapi hal ini, katanya, memang perlu solusi dan koordinasi yang baik oleh Pemerintah Daerah dan aparat lainnya. Apakah membentuk tim terpadu lagi untuk memberantas pelaku-pelaku ilegal.

"Yang menjadi dukungan perlu disiapkan anggaran atau dibuatkan suatu aturan yang bisa mengontrol usaha tersebut secara legal," katanya.

Lokasi penambangan minyak ilegal di Sarolangun
Lokasi penambangan minyak ilegal di Sarolangun (tribunjambi/wahyu herliyanto)

Ia menegaskan, untuk imbauan larangan dan penegakan hukum tetap akan dilakukan oleh Polres Sarolangun. Bukan hanya ilegal drilling, tetapi ilegal lainnya tetap akan dilakukan penegakan hukum serta sosialisasi imbauan, dan larangan tentang aktifitas merusak lingkungan.

"Seperti kasus di kabupaten lain juga sama, sudah dilakukan penertiban dan gakkum juga. Tetap selalu muncul dan sembunyi-sembunyi dari aparat. Nanti kita akan bekerja sama lagi dengan pemda setempat untuk cek lokasi tepatnya, masuk wilayah kabupaten mana," katanya. (Yan)

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: rahimin
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved