Ringankan Warga Terdampak Covid-19, Pemprov Jambi Serahkan Bantuan Rp 1,2 Miliar di Bungo

Pemerintah Provinsi Jambi serahkan Jaringan Pengamanan Sosial (JPS) Covid-19 di Kabupaten Bungo.

Tribunjambi/Darwin
Gubernur Jambi, Drs H Fachrori Umar menyampaikan penyerahan bantuan JPS tersebut untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19. 

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Pemerintah Provinsi Jambi serahkan Jaringan Pengamanan Sosial (JPS) Covid-19 di Kabupaten Bungo.

Gubernur Jambi, Drs H Fachrori Umar menyampaikan penyerahan bantuan JPS tersebut untuk meringankan beban pemerintah kabupaten di Provinsi Jambi untuk membantu masyarakat terdampak Covid-19.

Pada kesempatan itu, Fachrori mengatakan kasus Covid-19 terus meningkat dari berbagai klaster. Sehingga perlu dilakukan upaya pencegahan.

Disampaikannya bahwa pemerintah sejauh ini telah berupaya melakukan percepatan penanganan Covid-19 dengan Refocusing anggaran, dan penyaluran JPS.

New Normal Belum Diterapkan, Diskominfo Merangin Mulai Berlakukan Apel dan Absen Digital

Oknum Satpol PP Jambi Jadi Bandar Narkoba, BNN Musnahkan Ratusan Gram Sabu dan Ekstasi

Ibu Rumah Tangga Diciduk Tim Polsek Pelepat, Dicurigai Akan Transaksi Sabu

Diharapkan pembagian JPS dapat meringankan pemerintah daerah dalam membantu masyarakat yang terdampak Covid-19. Sehingga diharapkan pembagiannya dapat tepat sasaran, tepat jumlah dan tepat waktu.

JPS dari Pemerintah Provinsi Jambi tersebut diberikan senilai Rp 600 ribu per rumah tangga, selama tiga bulan, Mei, Juni, dan Juli 2020.

Sementara untuk jumlah penerima di Kabupaten Bungo sebanyak 2.036 rumah tangga. Jika ditotalkan maka bantuan JPS untuk masyrakat terdampak di Bungo sebesar Rp 1,22 miliar.

Fachrori menyampaikan data tersebut didapatkan dengan mempertimbangkan double accountin penerima bantuan baik dari pusat maupun daerah. Selain itu juga mempertimbangkan rasio penduduk miskin, sektor usaha dan tenaga kerja yang terdampak langsung dan tidak langsung.

“Jaringan Pengaman Sosial kita berikan selama tiga bulan yaitu Mei, Juni, dan Juli. Besarannya Rp 600 ribu. Rp 250 ribu dalam bentuk uang tunai dan Rp 350 berupa sembako,” ujar Gubernur.

Sementara itu Bupati Bungo, Mashuri menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Provinsi Jambi dalam penyaluran bantuan tersebut.

Sebab menurut Mashuri, Pandemi Covid-19 menyebabkan lumpuhnya aktivitas masyarakat baik sektor ekonomi dan lainnya.

Sehingga dengan adanya bantuan tersebut diharapkan dapat memberikan kontribusi langsung pada msyarakat yang menerima bantuan dan benar benar terdampak Covid-19.

New Normal, Pasar Kramat Tinggi Muara Bulian Akan Dijaga Petugas, Pedagang Wajib Pakai Masker

Pergoki Maling Beraksi, Warga Sarolangun Ditikam Pisau Leher dan Kepalanya

Bupati menyampaikan jumlah kasus di Bungo ada empat orang. Namun dua orang telah dinyatakan sembuh. Dia berharap tidak ada penambahan kasus Covid-19 di Kabupaten Bungo dan dua orang segera sembuh dan kembali ke masyarakat.

Dia mengatakan bantuan yang diberikan secara simbolis oleh Fachrori Umar selaku Gubernur Jambi sangat bermanfaat bagi masyarakat.Untuk itu kepada petugas diminta untuk menyampaikannya langsung pada masyarakat yang benar-benar sebagai penerima.

"Betul betul sampai dan dapat dimanfaatkan masyarakat. Bantuan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat yang terganggu aktivitasnya karena Covid-19," tandasnya. (Tribunjambi.com/ Darwin Sijabat)

Penulis: Darwin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved