Cuaca Ekstrem Masih Terjadi di Sarolangun, BPBD Ingatkan Warga untuk Waspada Banjir dan Longsor

Bencana banjir dan longsor bisa terjadi kapan saja, seiring masih terjadinya cuaca ekstrem di wilayah Sarolangun.

Tribunjambi/Wahyu Herliyanto
Warga melintas di lokasi bekas longsor di Sarolangun. 

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Bencana banjir dan longsor bisa terjadi kapan saja, seiring masih terjadinya cuaca ekstrem di wilayah Sarolangun.

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Sarolangun menghimbau kepada masyarakat khususnya yang berada di sepanjang Daerah Aliran Sungai (DAS) untuk mewaspadai terjadi bencana banjir. Dan masyarakat yang berada di daerah perbukitan atau yang melintasi jalan perbukitan untuk waspada ancaman longsor. 

Pasalnya saat ini intensitas hujan di Kabupaten Sarolangun masih cukup tinggi disertai angin kencang dan petir.

"Permukaan air sungai naik, angka tinggi muka air sudah diatas normal, maka kita himbau masyarakat waspada banjir dan longsor, khususnya di daerah aliran sungai," kata Kepala Pelaksana BPBD Trianto.

Pemprov Jambi, Pemkot Jambi, BPOM, IDI dan Unja Bersinergi Percepat Penanganan Covid-19

Oknum Pemain PETI Akan Disikat, Polres Merangin Akan Minta Bantuan TNI dan Brimob

Kasus DBD di Bungo Meningkat Tajam di Tengah Pandemi Covid-19, Dinkes Catat Ratusan Kasus

Katanya, memang saat ini berdasarkan informasi Badan Meteorologi Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) intensitas hujan memang diperkirakan masih terjadi untuk beberapa hari kedepan. 

Sehingga beberapa daerah sebelumnya sudah terjadi banjir dan longsor, seperti di Kecamatan Limun dan Kecamatan Batang Asai. 

Longsor misalnya, terjadi di Desa Rantau Panjang, Kecamatan Batang asai, yang saat ini sudah ditangani oleh Dinas PUPR Kabupaten Sarolangun

"Sesuai laporan camat sudah di tanggapi pak Kadis PU untuk penanganan longsor di Kecamatan Batang Asai. Kita berdoa semoga beberapa hari kedepan curah hujan berkurang, mengingat tinggi muka air sudah sangat tinggi waspada III, ada beberapa desa air sungai sudah meluap ke desa yang lokasi rendah. Wilayah Eks Bathin Pengambang, ruas jalan longsor ketika hujan deras belakangan ini," katanya.

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved