Virus Corona di Jambi

Layani Akad Nikah di Tengah Wabah Covid-19, KUA Sekernan Wajibkan Pengantin Gunakan APD

Di tengah wabah virus corona, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sekernan Kabupaten Muarojambi tetap melakukan proses akad nikah.

Tribunjambi/Hasbi
Di tengah wabah virus corona, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sekernan Kabupaten Muarojambi tetap melakukan proses akad nikah. 

Layani Akad Nikah di Tengah Wabah Covid-19, KUA Sekernan Wajibkan Pengantin Gunakan APD

TRIBUNJAMBI.COM,SENGETI-Di tengah wabah virus corona, Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sekernan Kabupaten Muarojambi tetap melakukan proses akad nikah.

Kepala (KUA) Sekernan Taufik mengatakan Selasa (14/4/2020) untuk proses akad nikah yang tengah dilaksanakan merupakan calon pengantin yang sudah daftar beberapa waktu lalu sebelum terjadinya virus corona.

"Intinya mereka yang dinikahkan sudah mendaftar sebelum keluar edaran menteri agama sebelum tanggal 1 April 2020," kata Taufik.

Pemprov Jambi Siapkan Data Penerima Bantuan, Dampak Covid-19

Belasan Kios di Pasar Keramat Tinggi Batanghari Terbakar, Diduga Akibat Korsleting Listrik

Motor Lepas Kendali, Gunivon Tewas Akibat Menabrak Truk yang Parkir di Jalan Bagan Pete

Ia juga mengatakan akad nikah hanya bisa diselenggarakan di kantor KUA, dengan standar pencegahan penularan virus corona menggunakan Alat Pelindung Diri (APD).

"Saat ini melayani proses akad nikah di kantor KUA pasangan pengantin harus menggunakan masker dan sarung tangan, " jelasnya.

Ia juga menjelaskan selain itu pihak KUA juga membatasi para tamu dari pihak keluarga yang turut hadir untuk melihat langsung proses akad nikah di ruang KUA.

"Meskipun kita izinkan diharapkan menggunakan masker dan cuci tangan sebelum memasuki tersebut, kita pihak penghulu yang bertugas pun memakai masker dan sarung tangan untuk antisipasi dan pencegahan penularan virus corona, " ungkapnya.

Setelah hal ini sudah terpenuhi semua standar demikian jabat tangan antara penghulu dengan calon pengantin saat mengucapkan ijab kabul baru bisa dilaksanakan.

Taufik juga menyampaikan bagi yang mau daftar sekarang KUA Sekernan melayani pendaftaran melalui online di simkah.kemenag.go.id.

"Setelah itu baru bisa dilayani pernikahannya pada tanggal 22 April, itu pun melihat kondisi Covid-19 saat ini, apakah harus dilaksanakan di Kantor bukan di rumah, saat ini kita work from home ( WFH), "tutupnya.(tribunjambi.com/ Hasbi Sabirin)

Penulis: Hasbi Sabirin
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved