Jumlah ODP Naik

Kunjungan Keluarga Dihentikan, Rutan Sungai Penuh Sediakan Layanan Video Call untuk Warga Binaan

Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Sungai Penuh membuat kebijakan baru sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19.

tribunjambi/herupitra
Warga binaan di Rutan Sungai Penuh. 

Kunjungan Keluarga Dihentikan, Rutan Sungai Penuh Sediakan Layanan Video Call untuk Warga Binaan

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAIPENUH - Rumah Tahanan (Rutan) Kelas II B Sungai Penuh membuat kebijakan baru sebagai langkah antisipasi penyebaran Covid-19. Kunjungan keluarga kepada tahanan maupun warga binaan dihentikan sementara. Sebagai gantinya, Rutan Sungai Penuh menyedikan layanan video call bagi warga binaan dan tahanan.

Kepala Rutan Kelas II B Sungai Penuh, Eli Susanto mengatakan, kebijakan tersebut mulai diterapkan sejak, Kamis (26/3) hingga adanya pemberitahuan selanjutnya.

"Kebijakan ini kita lakukan berdasarkan surat edaran Menteri Hukum dan Ham RI dan Instruksi Plt. Dirjen Pas Kemenkum Ham RI. Instruksi ini untuk semua rutan dan lapas di lingkungan Kemenkum HAM RI,” ungkapnya.

BREAKING NEWS Naik Hampir 500 Persen, ODP Virus Corona Jambi Jadi 783, PDP 21, Positif 1

Kapolres hingga Dewan Tanjabbar Apresiasi Penundaan Resepsi Pernikahan Warganya, Jempol!

Foto-foto Sidang Online di PN Sarolangun, Antisipasi Penyebaran Covid-19

Ia menjelaskan, layanan video call ini dilakukan guna memenuhi hak-hak tahanan dan narapidana untuk berkomunikasi dengan keluarganya.

“Jadi, kami tetap berikan hak mereka berkomunikasi dengan keluarganya melalui video call. Untuk sementara ada 2 unit komputer sudah kami sediakan,” imbuhnya.

Kasubsi Pelayanan Tahanan Rutan Kelas II B Sungai Penuh, Okky Aprianto menambahkan, jadwal layanan video call bagi tahanan dan narapidana ini disesuaikan dengan jadwal kunjungan seperti biasa. Yakni pada hari Senin hingga Kamis pada pukul 09.00 WIB hingga pukul 11.00 WIB dan pukul 13.00 WIB hingga pukul 15.00 WIB.

“Sementara pada hari Jumat hanya pukul 09.00-11.00 WIB,” bebernya.

Selain penerapan video call, kata dia, sejauh ini pihaknya juga terus melakukan antisipasi penyebaran virus corona di Rutan Kelas II B Sungai Penuh dengan menyiapkan berbagai sarana. Seperti tempat cuci tangan bagi pengunjung dan warga binaan, menyediakan cairan anti septik, penyemprotan disinfektan pada kantor, portir, area layanan dan ruang kunjungan.

"Setiap pengunjung harus mencuci tangan dengan hand sanitizer atau antiseptik. Kemudian seluruh blok kamar juga sudah kami semprot disinfektan, bekerjasama dengan Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Sungai Penuh,” tukasnya.(*)

Penulis: heru
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved