Kopassus Menemukan Peti Pernuh Uang, 'Sudah Tinggalkan Saja, Nanti Kamu Mati'

Tak diduga, di sana Kopassus menemukan peti berisi uang. Namun godaan itu rupanya tak membuat pasukan khusus ini berbelok tugas.

Istimewa
Kopassus 

Tak diduga, di sana Kopassus menemukan peti berisi uang. Namun godaan itu rupanya tak membuat pasukan khusus ini berbelok tugas.

TRIBUNJAMBI.COM - Operasi penumpasan PRRI menjadi satu diantara misi berbahaya yang dilakukan oleh Resimen Para Komando Angkatan Darat (RPKAD) yang merupakan cikal bakal Kopassus.

Operasi militer yang dipimpin oleh Letnan Satu Leornadus Benny Moerdani berhasil membuat kocar-kacir tentara pemberontak yang saat itu berada di sekitar Lapangan Udara Simpang Tiga, Pekanbaru.

Kisah Ini ditulis Julius Pour dalam buku Benny Tragedi Seorang Loyalis.

Banting Baret Merah di Depan Para Jenderal, Kopassus Berkaki Satu Dibela Mati-matian

Dijuluki Mahaguru Pelempar Pisau Kopassus, Kapten Encun Bikin Semua Pohon Randu di Batujajar Rusak

Daftar Nama 31 Danjen Kopassus, Pasukan Ini Pernah Telibat Misi Rahasia CIA di Pulau Galang

Benny dan pasukan Kopassus diterjunkan dari pesawat untuk bisa ke sasaran.

Meski belum pernah ikut latihan terjun payung, Benny Moerdani sukses terjun dengan selamat bahkan mampu memimpin pasukannya merebut bandar udara Pekanbaru.

Pertempuran didahului dengan serangan udara ke daerah lawan.

Di atas udara Lapangan Udara Simpang Tiga yang dikuasai Pasukan PRRI, satu persatu pesawat pemburu P-51 Mustang dan Bomber B-25 Mitchell menukik berurutan sambil menghamburkan rentetan 12.7mm.

Aksi gabungan fighter dan bomber ini dimaksudkan untuk mengamankan Lapangan Udara Simpang Tiga sebelum pasukan Lintas Udara diterjunkan.

Pasukan PRRI yang mengawasi senjata Arhanud di landasan hanya sempat memberikan perlawanan sebentar sebelum berhamburan melarikan diri.

Halaman
123
Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved