Penanganan Karhutla Tidak Maksimal, Kapolri: Mau Kapolda, Mau Kapolres, Kapolsek Out

Berdasarkan hasil pantauan dari udara dengan Panglima TNI dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kapolri Jenderal Tito Karnavian

Penanganan Karhutla Tidak Maksimal, Kapolri: Mau Kapolda, Mau Kapolres, Kapolsek Out
ist
Kapolri Jenderal Polisi Tito Karnavian 

TRIBUNJAMBI.COM- Berdasarkan hasil pantauan dari udara dengan Panglima TNI dan Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kapolri Jenderal Tito Karnavian mengemukakan, tidak melihat ada yang terbakar baik kebun sawit maupun Hutan Tanaman Industri (HTI).

Namun, yang terbakar adalah hutan atau semak.

“Artinya, ini ada indikasi kuat terjadinya pembakaran, kesengajaan. Sebagian sudah ditangkap, itu juga membuktikan bahwa peristiwa itu ada,” kata Tito dalam keterangan pers usai mengikuti Ratas tentang Penanganan Kebakaran Hutan dan Lahan, di Hotel Novotel, Pekanbaru, Riau, Senin (16/9) dilansir dari laman Setkab.

Baca: Siapa Sebenarnya Prof Elita Rahmi? Satu-satunya Perempuan Calon Rektor Universitas Jambi

Baca: Dibanderol Rp 3 Jutaan, Ini Spesifikasi Oppo A9 2020 yang Dibekali 4 Kamera

Baca: Heboh Anang Hermansyah Jual Rumah Mewahnya, Benarkah Rumah Keluarga Ashanty Itu Berhantu?

Oleh karena itu, Kapolri menegaskan akan mengintensifkan upaya untuk melakukan penegakan hukum.

Ia mengaku sudah melaksanakan video conference dengan seluruh kapolda, dengan seluruh kapolres seluruh Indonesia, dengan penekanan kepada enam polda yang paling utama, yaitu Polda Riau, Jambi, Sumatra Selatan, Kalimantan Barat, Kalsel, dan Kalteng.

Tapi juga ada yang level tier duanya, yaitu Sumatra Utara, kemudian Lampung, Kalimantan Timur, Kalimantan Utara, termasuk Jawa dan NTT. Kapolri mengaku sudah menyampaikan, namanya mengintensifkan itu harus ada pulling and pushing factor.

Jadi bagaimana agar mereka tertarik untuk melakukan aktivitasnya maksimal dan bagaimana mereka terpacu.

Baca: Anjing Jenis Pitbull Terkam & Gigit Kemaluan Pelaku Pemerkosa yang Kabur Dikejar Warga

Baca: Komplit Link 9 Cerita Horor SimpleMan, Desa Gondo Mayit s/d Ekspedisi Malam Jumat Kliwon, Nyata?

Baca: Mengerikan Detik-detik Pembacokan Remaja 13 Tahun, Usai Tewas Mayat Diperkosa Bergilir 3 Pelaku

Menurut Kapolri, dirinya akan membentuk tim dari Mabes Polri, dari Irwasum dan jajaran Irwasum dan Propam yang akan mengecek ke semua wilayah. Targetnya adalah Polres, Polsek dan Polda.

“Jadi kalau seandainya di polda itu penilaian kita ada yang tidak terkendali dan tidak ada upaya maksimal, apalagi penangkapan enggak ada, out. Mau Kapolda, mau Kapolres, Kapolsek out,” tegas Kapolri seraya menambahkan, tim itu sudah dibentuk dan akan diturunkan ke semua polda terutama yang utama tadi.

Kalau seandainya mereka berhasil (Polres, Polsek, dan Polda) melakukan penangkapan, tertangkap tangan dan lain-lain, sesuai dengan gradenya beda-beda tiap Polda, Kapolri Jenderal Tito Karnavian berjanji akan memberikan reward.

Halaman
1234
Editor: rida
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved