VIDEO: BNPB Pusat Kunjungi Posko Karhutla Desa Arang-Arang di Muarojambi

BNPB pusat melakukan pemantauan Posko Kebakatan Hutan dan Lahan di Kabupaten Muarojambi.

VIDEO: BNPB Pusat Kunjungi Posko Karhutla Desa Arang-Arang di Muarojambi

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI- Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat melakukan pemantauan Posko Kebakatan Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kabupaten Muarojambi, Rabu (4/9). Pemantauan ini dilakukan di Posko Karhutla Desa Arang-Arang yang berada di Balai Benih Induk, di Desa Arang-Arang, Kecamatan Ulu, Kabupaten Muarojambi.

Dalam kesempatan itu hadir Muis dan Hasanudin selaku Tenaga Ahli Kepala BNPB pusat. Kemudian D. Wahyudin LO Udara, dan Kol.Candra LO Darat.

Sementara itu, turut hadir Asisten III bidang Administrasi Pemerintah, Kabupaten Muarojambi, Junaidi, Kepala BPBD Kabupaten Muarojambi, M Zakir, Kapolres Muarojambi, AKBP Mardiono, Kabag Ops Polres Muarojambi, Kompol Sobirin.

Dalam kesempatan ini, BNPB Pusat melakukan peninjauan sekaligus melihat perlengkapan yang dimiliki Satgas Karhutla Kabupaten Muarojambi dalam melakukan penanganan terhadap Karhutla di Muarojambi.

Baca: Kabut Asap Menebal, Kompetisi Piala Suratin di Tanjab Timur Dihentikan

Baca: BREAKING NEWS, Kondisi Udara di Tanjab Timur Masuk Level Berbahaya

Baca: Diselimuti Kabut Asap, Siswa Sekolah di Tanjab Barat Harus Pakai Masker Saat Belajar

Baca: Ribuan Jamaah Hadiri Semarak Muharram di Lapangan Balai Kota Jambi, Salurkan 805 Paket Santunan

Baca: ISPU Tinggi, Dinas Pendidikan Muarojambi Minta Surat DLH untuk Liburkan Siswa

Kehadiran tim dari BNPB pusat ini untuk melihat dan meninjau langsung dari kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh Tim Satgas Karhutla, Kabupaten Muarojambi.

Muis selaku Tenaga Ahli Kepala BNPB Pusat menyebutkan bahwa dalam upaya pencegahan terjadinya kebakaran hutan dan lahan di Indonesia. BNPB memiliki program pencegahan dengan pembentukan tim di masing daerah.

"Tujuan kita ini untuk melihat dan memberikan masukan terhadap program yang ada di kita yaitu pencegahan pasukan. Yang kita kirim itu TNI, Polri, BPBD dan masyarakat yang dibentuk dalam beberapa tim dengan jumlah 15 orang," ujarnya.

Program pembentukan tersebut disebutkan Muis untuk berinteraksi dengan masyarakat melakukan kegiatan-kegiatan sosialisasi untuk pencegahan karhutla. Sehingga diharapkan melalui program ini masyarakat dapat melakukan pencegahan dini terjadinya karhutla.

Kabut asap menyelimuti wilayah Muarojambi.
Kabut asap menyelimuti wilayah Muarojambi. (Tribunjambi/Samsul Bahri)

Selain itu, program tersebut dijalankan untuk memberikan imbauan untuk tidak membuka lahan dengan cara membakar. Berdasarkan tinjauan yang dilakukannya, menurut Muis, untuk wilayah Kabupaten Muarojambi program tersebut sudah berjalan dengan baik.

"Saya melihat di sini sudah berjalan dengan baik, bagaimana tim-timnya sudah bekerjasama semuanya. Semoga kedepan program ini lebih baik lagi," pungkasnya.

Penulis: samsul
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved