Ini Pesan Bupati Romi untuk Para Cakades: Jangan Ada Kawan Atau Lawan

Sosialisasi Pilkades Serentak Gelombang II di ruang aula kantor bupati Tanjabtim, Romi titip amanat dan pesan bagi para calon kepala desa.

Ini Pesan Bupati Romi untuk Para Cakades: Jangan Ada Kawan Atau Lawan
Tribunjambi/Abdullah Usman
Bupati Tanjab Timur, Hariyanto (tengah) sosialisasi jelang Pilkades serentak. 

Ini Pesan Bupati Romi untuk Para Cakades: Jangan Ada Kawan Atau Lawan

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Dalam kegiatan sosialisasi Pilkades Serentak Gelombang II di ruang aula kantor bupati Tanjabtim, Romi titip amanat dan pesan bagi para calon kepala desa, Selasa (27/8).

Kegiatan Sosialisasi yang dibuka langsung oleh Bupati Tanjabtim Romi Hariyanto tersebut, selain dihadiri para camat, BPD dan Kecamatan serta para kades dari calon incumbent yang turut hadir.

Dalam sambutannya Bupati Tanjabtim Romi menyampaikan, dirinya berharap agar pemilihan Kepala Desa ini dapat berjalan dengan lancar dan sinergitas antara Pemerintah Daerah dan TNI, Polri tolong dikedepankan. 

Selain itu, dalam sambutannya Bupati Romi menekankan bagi para calon kepala desa. Dalam pemilihan Kades secara serentak ini jangan sampai menjadi ajang untuk memecah belah antara kita.

Baca: Ini Penjelasan BMKG Jambi Soal Hujan yang Turun di Musim Kemarau

Baca: Bawaslu Belum Tentukan Sikap Terkait Rencana Pelantikan Syaihu CS

Baca: Caleg Terpilih Jadi Tersangka Korupsi, KPU Muara Jambi Rekomendasi Tunda Pelantikan

Baca: Hari Kopi Internasional, Jambi Pamerkan Kenikmatan Tiga Varian Kopi, Ada Kopi Papua

Baca: Bakal Jadi Ibu Kota Negara yang Baru, Simak Destinasi Wisata Alam Low Budget di Kutai Kertanegara

"Saya harap,  sehabis pemilihan Kepala Desa nanti, tidak ada riak riak siapa lawan siapa kawan. Siapapun Kepala Desa yang terpilih nanti dia harus mampu menjadi pemersatu dan menjadi pembawa perubahan lebih baik di Desa tersebut," jelas Bupati.

Diberitakan sebelumnya untuk tahun 2019 ada sebanyak 28 desa yang bakal melaksanakan Pilkades serentak diantaranya di Kecamatan Nipah panjang ada tiga desa, Kecamatan mendahara ada empat desa, Kecamatan Rantau Rasau ada lima desa, Kecamatan Sadu ada satu desa, Kecamatan Dendang ada dua desa, Kecamatan Muara Sabak Timur ada empat desa, Kecamatan Kuala Jambi ada satu desa, Kecamatan Mendahara Ulu ada tiga desa, Kecamatan Geragai ada empat desa dan Kecamatan Berbak ada satu desa.

"Pada Juli ini bagian Pemdes Setda Tanjabtim mulai melakukan sosialisasi dan bimbingan teknis kepada para panitia Pilkades yang ada di desa sekaligus sosialisasi terkait revisi perda nomor 2 tahun 2016 tentang pemerintahan desa," ujar Kabag Pemdes Abdul Rojak.

Sementara tahap persiapan dan tahap penyelesaian perselisihan apabila terjadi sengketa akan dilaksanakan mulai Agustus hingga Desember 2019, Proses tahapan ini lebih dipercepat dari agenda sebelumnya yang dijadwalkan dimulai pada November 2019.

Adapun proses tahapan untuk persiapan di bulan Agustus di antaranya melakukan pendataan penyusunan dan penetapan daftar pemilih sementara DPS pengumuman DPS usulan perbaikan DPS penetapan daftar pemilih tetap atau DPT.

Baca: Ini yang Dilakukan Anggota DPRD Kota Jambi di Hari Pertama Kerja

Baca: Cegah Kebakaran Lahan, Babinsa di Jajaran Kodim 0416/Bute Rutin Patroli Karhutla

Baca: Pagi ini Kota Bangko Merangin Diguyur Hujan Deras, Begini Komentar Warga

Baca: Jelang Pilkades Serentak Gelombang II, Pemda Tanjab Timur Soroti Mata Pilih Siluman

Kemudian dilanjutkan proses pencalonan pendaftaran pengumuman bakal calon perlengkapan administrasi dan pelaksanaan tes. Pelaksanaan Pilkades serentak ini dilakukan secara manual bukan e voting sedangkan untuk calon kepala desa tidak harus lagi dari daerah setempat melainkan boleh dari luar daerah asalkan masih warga negara kesatuan republik Indonesia. (usn)

Penulis: Abdullah Usman
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved