Cegah Kebakaran Lahan, Babinsa di Jajaran Kodim 0416/Bute Rutin Patroli Karhutla

Kodim 0416/Bute melalui anggota Koramil 416-06/Muara Bungo rutin melakukan patroli dan sosialisasi serta

Cegah Kebakaran Lahan, Babinsa di Jajaran Kodim 0416/Bute Rutin Patroli Karhutla
IST
Koramil 416-06/Muara Bungo rutin melakukan patroli dan sosialisasi serta pengawasan Karhutla. 

Cegah Kebakaran Lahan, Babinsa di Jajaran Kodim 0416/Bute Rutin Patroli Karhutla

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA BUNGO - Pada puncak musim kemarau yang terjadi di bulan Agustus ini, Kodim 0416/Bute melalui anggota Koramil 416-06/Muara Bungo rutin melakukan patroli dan sosialisasi serta pengawasan Karhutla.

Selain itu, juga memberikan imbauan kepada masyarakat wilayah binaan, dalam upaya mengantisipasi terjadinya peristiwa kebakaran hutan dan lahan. Satu di antaranya di Dusun Sumber Mulyo, Kecamatan Pelepat Ilir, Senin (26/8/2019).

Komandan Kodim 0416/Bute melalui Kasdim Mayor Inf Widi dalam keterangannya di Makodim 0416/Bute, Muaro Bungo mengatakan, patroli dan pengawasan serta imbauan yang dilaksanakan anggotanya bertujuan untuk memberikan kesadaran kepada masyarakat tentang bahayanya membakar lahan pada saat musim kemarau.

"Sehingga dapat mengurangi keinginan warga untuk membakar lahan dan hutan, juga mencegah terjadinya musibah kebakaran," jelasnya.

Baca: Jelang Pilkades Serentak Gelombang II, Pemda Tanjab Timur Soroti Mata Pilih Siluman

Baca: Pagi ini Kota Bangko Merangin Diguyur Hujan Deras, Begini Komentar Warga

Baca: BMKG Prakirakan Jambi akan Diguyur Hujan Lagi, di Sini Lokasinya

Baca: 35 Anggota Dewan Dilantik, Bupati Safrial: Ekskutif dan Legislatif Harus Bersinergi

Baca: Sekda Tanjab Barat Resmi Dilantik, Ini Pesan Bupati Safrial untuk Agus Sanusi

Selain melaksanakan patroli, Babinsa juga melakukan sosialisasi dan imbauan kepada warga yang memiliki kebun dan ladang. Sosialisasi itu dilakukan agar tidak membuka lahan dengan cara dibakar.

Babinsa Koramil 416-06/Muara Bungo, Serda Afrian mengatakan, upaya itu dilakukannya bersama damkar dan masyarakat sekitar ke sejumlah titik rawan kejadian Karhutla.

"Kami berupaya sekuat tenaga melakukan kegiatan patroli agar tidak ada kebakaran,” katanya.

Selain itu, masyarakat juga diimbau melalui kegiatan sosialisasi ke setiap permukiman warga supaya tak ada warga yang membakar sampah dengan cara dibakar sembarangan karena itu, berakibat fatal terhadap lingkungan.

“Patroli karhutla ini, adalah cara jitu agar tidak ada terjadi kebakaran, karena sekarang musim kering masuk tingkat tinggi. Jadi harus waspada,” terangnya.

Rio (kepala desa) Dusun Sumber Mulyo, Sumanto mengaku sangat bersyukur dan berterima kasih kepada anggota Kodim 0416/Bute yang telah bersedia memberikan arahan dan imbauan kepada warga Dusun Sumber Mulyo. Sehingga dengan adanya kegiatan ini, dapat mengantisipasi dan mencegah sejak dini apabila terjadi kebakaran hutan dan lahan.

Penulis: Mareza
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved