BMKG Prakirakan Jambi akan Diguyur Hujan Lagi, di Sini Lokasinya

BMKG Stasiun Meteorologi Kelas I Sulthan Thaha Jambi, curah hujan lebat akan dirasakan masyarakat selama tiga hari ke depan.

BMKG Prakirakan Jambi akan Diguyur Hujan Lagi, di Sini Lokasinya
Tribunjambi/Samsul Bahri
Setengah jam hujan mengguyur wilayah Sengeti, Kabupaten Muarojambi, Senin sore (26/8). 

BMKG Prakirakan Jambi akan Diguyur Hujan Lagi, di Sini Lokasinya

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Wilayah Kota Jambi dan beberapa wilayah lainya di Provinsi Jambi, hari ini Senin (26/8) kemarin diguyur hujan setelah mengalami kemarau panjang beberapa bulan terakhir.

Berdasarkan data dari Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Stasiun Meteorologi Kelas I Sulthan Thaha Jambi, curah hujan lebat akan dirasakan masyarakat selama tiga hari ke depan, yakni tanggal 26 hingga 28 Agustus 2019.

Kasi data dan informasi BMKG Jambi Kurnianingsih menyampaikan wilayah-wilayah Indonesia yang diprediksi berpotensi hujan lebat selama tiga hari itu antara lain di Provinsi Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Riau, dan Kepulauan Riau.

"Kemudian Jambi, Kalimantan Utara, Kalimantan Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Barat, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, Papua dan Jawa Barat," ujarnya, Senin (26/8/2019).

Baca: 35 Anggota Dewan Dilantik, Bupati Safrial: Ekskutif dan Legislatif Harus Bersinergi

Baca: Korsupgah KPK Masih Berkeliaran di Jambi, Ini Agendanya

Baca: Sekda Tanjab Barat Resmi Dilantik, Ini Pesan Bupati Safrial untuk Agus Sanusi

Baca: 179 Personel Damkar Kota Jambi Ikuti Tes Kesehatan

Baca: Baru Dilantik, 35 Anggota Dewan Tanjab Barat Sepakat Perjuangkan Aspirasi Masyarakat

Potensi hujan lebat itu sendiri, kata Kurnianingsih, dikarenakan munculnya aktivitas gelombang Madden Julian Oscillation (MJO). "Yang menyebabkan meningkatnya potensi pertumbuhan awan hujan yang cukup signifikan di wilayah Indonesia dalam beberapa hari kedepan," jelasnya.

Selain potensi hujan lebat, lanjutnya, potensi-potensi lainnya adalah terjadinya gelombang tinggi 2.5-4.0 meter. "Ini diprakirakan juga akan terjadi di Perairan utara Sabang, Perairan Sabang - Banda Aceh, perairan barat Aceh hingga Kep. Mentawai, Perairan Enggano Bengkulu, Perairan barat Lampung ,Selat Sunda bagian selatan, Perairan selatan Jawa hingga P.Sumba, Selat Bali - Lombok - Alas bagian selatan, Perairan selatan P. Sawu - P. Rote, L. Sawu bagian selatan, Laut Timor selatan NTT, Samudra Hindia barat Sumatera hingga selatan NTT.

Untuk di Jambi sendiri, Kurnianingsih mengatakan pada hari ini berpotensi terjadi hujan dengan intensitas sedang hingga lebat yang disertai petir dan angin kencang di wilayah Kabupaten Tanjung Jabung Timur seperti di Mendahara, Mendahara Ulu dan sekitarnya. Lalu di Tanjung Jabung Barat yakni Tungkal Ulu, Betara dan sekitarnya.

"Di Muaro Jambi seperti di Sekernan dan sekitarnya, serta di Batanghari itu Pemayung Maro SeboIlir dan sekitarnya," sebutnya.

Kurnianingsih menyampaikan bahwa perlu diperhatikan pula risiko angin dan gelombang bagi keselamatan pelayaran. Dijelaskannya, untuk perahu nelayan pada kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1.25 m, untuk kapal tongkang pada kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1.5

"Selanjutnya kapal Ferry pada kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2.5 m, kapal kargo/Kkapal pesiar pada kecepatan angin lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 m," sampainya.

Oleh karenanya masyarakat diimbau agar tetap waspada dan berhati-hati terhadap dampak lanjutan akibat cuaca yang dapat ditimbulkan seperti jalan licin, genangan, banjir, banjir bandang, tanah longsor, angin kencang, dan pohon tumbang.

Baca: Kronologi Istri di Cidahu Sewa 4 Eksekutor, Suami dan Anak Tiri Dibakar Dalam Mobil

Baca: Daftar Kekhawatiran Bila Ibu Kota RI Pindah ke Kaltim, Ini yang Jadi Sorotan Media Luar Negeri

Baca: Ivan Gunawan Bakal Lakukan Hal Ini dan Berjanji Jika Ayu Ting Ting Menikah dengan Pria lain

Baca: Pesona Wanita Kalimantan Ibu Kota Baru Indonesia, Manis & Menarik Hati ya!

"Bagi masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," kata Kurnianingsih.

Sedangkan bagi masyarakat yang hendak memperoleh informasi terkini, Dia menyebut BMKG membuka layanan informasi cuaca 24 jam.

"Yaitu melalui call center 021-6546315/18, http://www.bmkg.go.id, follow @infobmkg atau dapat langsung menghubungi kantor BMKG terdekat," pungkasnya.

Penulis: Zulkifli
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved