Caleg Terpilih Jadi Tersangka Korupsi, KPU Muara Jambi Rekomendasi Tunda Pelantikan

Salah seorang caleg terpilih DPRD Muaro Jambi dari partai PAN Fathuri saat ini berstatus sebagai tersangka kasus korupsi.

Caleg Terpilih Jadi Tersangka Korupsi, KPU Muara Jambi Rekomendasi Tunda Pelantikan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Keputusan pelantikan terhadap tersangka kasus korupsi caleg terpilih DPRD Muaro Jambi merupakan kewenangan pemerintah. KPU hanya berwenang merekomendasikan penundaan pelantikan.

Salah seorang caleg terpilih DPRD Muaro Jambi dari partai PAN Fathuri saat ini berstatus sebagai tersangka kasus korupsi. Sehingga pihak KPU Kabupaten Muaro Jambi mengeluarkan rekomendasi untuk menunda pelantikan dirinya.

Edison komisioner KPU Muaro Jambi ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa pemerintah memiliki dalil untuk melakukan pelantikan terhadap Fathuri. Akan tetapi KPU juga memiliki dasar dan kewenangan untuk merekomendasikan penundaan pelantikan calon terpilih tersebut.

"Pemerintah berdalih akan tetap melakukan pelantikan. Meski sebenarnya kita sudah mengirimkan surat untuk penundaan pelantikan,"ungkap Edison Jombang, Senin (26/8/2019).

Baca: Hari Kopi Internasional, Jambi Pamerkan Kenikmatan Tiga Varian Kopi, Ada Kopi Papua

Baca: Cegah Kebakaran Lahan, Babinsa di Jajaran Kodim 0416/Bute Rutin Patroli Karhutla

Baca: Ini yang Dilakukan Anggota DPRD Kota Jambi di Hari Pertama Kerja

Baca: Pagi ini Kota Bangko Merangin Diguyur Hujan Deras, Begini Komentar Warga

Sebelum melayangkan surat kepada pemerintah yakni Gubernur melalui Bupati, pihak KPU Muaro Jambi telah menelusuri perkara Fathuri kepada pihak kepolisian Muaro Jambi. Berdasarkan penelusuran tersebut pihak KPU sesuai dengan PKPU nomor 5 tahun 2019 berhak mengeluarkan rekomendasi penundaan tersebut.

Langkah yang dilakukan pihak KPU Muaro Jambi tersebut dibenarkan oleh KPU Provinsi Jambi. Apnizal komisioner KPU Provinsi Jambi kepada Tribun mengatakan bahwa rekomendasi telah dikeluarkan dan pemerintah juga memiliki dalil untuk tetap melakukan pelantikan.

"Pemerintah memiliki dalil tersendiri untuk tetap melakukan pelantikan. Meski kita telah meminta untuk menunda pelantikan tersebut," ucap Apnizal.

Sesuai jadwal pelantikan calon terpilih DPRD Muaro Jambi periode tahun 2019-2024 akan dilakukan pada tanggal 30 Agustus 2019. (Hendri Dunan Naris)

Penulis: dunan
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved