Bawaslu Belum Tentukan Sikap Terkait Rencana Pelantikan Syaihu CS

Bawaslu Provinsi Jambi mengaku belum bersikap terkait pengusulan pelantikan Syaihu, Aang Purnama dan Azaki Azmi.

Bawaslu Belum Tentukan Sikap Terkait Rencana Pelantikan Syaihu CS
TRIBUNJAMBI/HERU PITRA
M Syaihu. 

Bawaslu Belum Tentukan Sikap Terkait Rencana Pelantikan Syaihu CS

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Bawaslu Provinsi Jambi mengaku belum bersikap terkait pengusulan pelantikan Syaihu, Aang Purnama dan Azaki Azmi. 

Komisi Pemilihan Umum Sarolangun telah menetapkan calon terpilih DPRD Sarolangun. Termasuk di dalamnya KPU menetapkan Syaihu CS. KPU juga memasukkan nama-nama mereka kedalam anggota DPRD Sarolangun yang akan dilantik.

Terkait hal ini, Wein Arifin komisioner Bawaslu Provinsi Jambi mengaku pihaknya belum bisa berpendapat. Alasannya karena pihak KPU dalam hal ini hanya bersifat pasif.

"Bawaslu sampai hari ini belum bisa berpendapat terkait penetapan dan pengusulan nama-nama calon terpilih dari KPU Sarolangun," ujar Wein Arifin, Senin (26/8/2019).

Bawaslu Provinsi Jambi juga mengaku akan meminta informasi lengkap terkait perkembangan di Sarolangun kepada Bawaslu Sarolangun. 

Baca: Ini yang Dilakukan Anggota DPRD Kota Jambi di Hari Pertama Kerja

Baca: Caleg Terpilih Jadi Tersangka Korupsi, KPU Muara Jambi Rekomendasi Tunda Pelantikan

Baca: Cegah Kebakaran Lahan, Babinsa di Jajaran Kodim 0416/Bute Rutin Patroli Karhutla

Baca: Jelang Pilkades Serentak Gelombang II, Pemda Tanjab Timur Soroti Mata Pilih Siluman

Wein Arifin mengakui bahwa pihaknya bisa berpendapat bila ada yang mengadukan kepada Bawaslu.  

Sementara itu Afnizal komisioner KPU Provinsi Jambi ketika dikonfirmasi mengatakan bahwa dirinya belum mengetahui informasi terkini. Terutama Apakah nama Syaihu tetap diusulkan untuk dilantik oleh KPU Sarolangun.

"Apakah Syaihu dan lainnya tetap diusulkan ikut dalam pelantikan atau tidak, saat ini saya belum mendapatkan informasi," ungkap Apnizal.

Meski demikian Afrizal mengatakan bahwa pelantikan itu merupakan kewenangan dari pemerintah. Pihak KPU hanya mengusulkan kepada pemerintah. 

"Kalau tidak salah Syaihu CS masuk dalam penetapan calon terpilih. Secara garis lurus bila sudah ditetapkan maka akan dilakukan pelantikan," terang Apnizal. 

Terkait kemungkinan gugatan yang akan dilakukan pihak tertentu melalui Bawaslu, pihak KPU mengaku bahwa bila itu terjadi maka mereka harus menghadapi gugatan tersebut. Sekalipun proses pelantikan dilakukan oleh pemerintah. 

Untuk diketahui pelantikan calon terpilih DPRD Sarolangun periode 2019-2024 akan dilakukan pada tanggal 30 Agustus 2019. Ada 35 nama yang telah ditetapkan oleh KPU provinsi dan nama-nama tersebut telah di usulkan kepada pemerintah provinsi untuk di SK kan. (Hendri Dunan Naris)

Penulis: dunan
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved