Aktivis HAM Era Purnama Sari Diserang dengan Berita Fitnah dan Hoaks, YLBHI Duga Terkait Kasus SMB

Aktivis Hak Asasi Manusia Wakil Ketua Advokasi YLBHI Era Purnama Sari, diserang menggunakan artikel berita fitnah dan hoax lewat news agregator Babe

DOK TRIBUN JAMBI
Wakil Ketua Advokasi YLBHI, Era Purnama Sari, seusai melakukan investigasi terkait kelompok SMB, 25 Juli 2019. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Aktivis Hak Asasi Manusia (HAM) yang juga Wakil Ketua Advokasi Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Indonesia (YLBHI), Era Purnama Sari, diserang menggunakan artikel berita fitnah dan hoax melalui news agregator Babe.

YLBHI menilai serangan kepada Era Purnama Sari ini tidak terlepas dari investigasi yang telah dilakukan YLBHI di Provinsi Jambi, terkait kelompok Serikat Mandiri Batanghari (SMB).

YLBHI menugaskan Era Purnama Sari ke Jambi pada 23 Juli 2019, untuk melakukan investigasi.

“Investigasi tersebut dilakukan atas pengaduaan dari warga atas dugaan pelanggaran HAM terkait peristiwa penangkapan dan penggunaan kekerasan secara berlebihan oleh aparat terhadap Kelompok Tani SMB Jambi,” kata Asfinawati, Ketua Umum YLBHI melalui keterangan tertulis.

Sebelum investigasi yang dilakukan oleh YLBHI, katanya, muncul berbagai berita yang cenderung memojokkan Kelompok SMB dan berupaya menutupi dugaan pelanggaran HAM.

Investigasi yang dilakukan YLBHI kemudian dipublikasikan dalam “Laporan Investigasi: Dugaan Pelanggaran HAM Dalam Kasus Penangkapan Anggota SMB di Jambi” yang disampaikan ke publik dan dilaporkan ke Komnas HAM pada 5 Agustus 2019.

Pasca publikasi dan pelaporan tersebut muncul beberapa artikel yang memelintir, memanipulasi, mendistorsi, dan mengubah hasil temuan investigasi yang dilakukan YLBHI.

“Bahkan muncul artikel yang secara langsung menyerang pribadi Era Purnama Sari yang tayang melalui platform online babe.news,” ungkapnya.

Beberapa artikel tersebut antara lain :

1. “Astaga, Dipergoki Selingkuh, Era Purnamasari Di Pukuli Arman Hingga Babak Belur dan Pingsan” (http://share.babe.news/s/QmbdydZR). Ditulis dan diterbitkan oleh akun sultan jambi pada tanggal 6 Agustus 2019;

Halaman
123
Editor: suang
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved