Berita Kota Jambi

Mengelola Sampah jadi Emas, Pegadaian Intens dengan Progaram Bersih-bersih

Mengelola Sampah jadi Emas, Pegadaian Intens dengan Progaram Bersih-bersih

Mengelola Sampah jadi Emas, Pegadaian Intens dengan Progaram Bersih-bersih
Tribunjambi/Fitri Amalia
Mengelola Sampah jadi Emas, Pegadaian Intens dengan Progaram Bersih-bersih 

Sampah Bisa Jadi Emas

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - PT Pegadaian (persero) makin intens bangun Program Pegadaian Bersih-Bersih di berbagai wilayah di seluruh Indonesia, khususnya Sumatra. Peresmian bank sampah di Jambi yakni Bank Sampah Dream yang berlokasi di jalan H. Kamil Nomor. 40 Kelurahan Wijaya Pura, Jambi Selatan.

Program tersebut merupakan bentuk upaya perseroan dalam meningkatkan kesehatan lingkungan dan kesejahteraan masyarakat dengan memilah sampah menjadi tabungan emas.

"Program Bersih-Bersih ini merupakan program yang dapat mengedukasi dan mengajak masyarakat untuk peduli terhadap lingkungan dengan mengolah sampah menjadi emas," ujar Deputy Bisnis area Jambi Kanwil III Palembang Pegadaian, Hendra Hermawanto, pada acara Peresmian Bank Sampah Dream, Jambi, Sabtu (30/3/2019).

Baca: PT Pegadaian Cabang Muara Bungo Adakan Seminar Arrum Haji, Cara Baru Dapat Porsi Haji

Baca: Bank Sampah The Gade Clean and Gold di Kota Jambi, Warga Bisa Tukar Sampah dengan Emas

Baca: Viral, Tantangan Trash Challenge, Warga dari Berbagai Dunia Berbagi Foto Mereka Bersihkan Sampah

Dijelaskannya, bahwa saat proses pengelolaan sampah pihak dari Pegadaian akan memberikan pembekalan terkait cara mengelola sampah dengan baik dan benar, untuk kemudian ditukar menjadi tabungan emas.

Hendra menambahkan bahwa mengubah sampah menjadi emas dapat meningkatkan nilai perekonomian, karena masyarakat dapat memanfaatkan sampah rumah tangga dan ditukar menjadi tabungan emas.

Ia juga menambahkan program ini merupakan salah satu program Corporate Social Responsibility (CSR) Pegadaian yang bertajuk Pegadaian Bersih-Bersih, yang terdiri dari Program Bersih Administrasi, Bersih Hati, dan Bersih Lingkungan.

Program bersih-bersih dari PT Pegadaian
Program bersih-bersih dari PT Pegadaian (Tribunjambi/Fitri Amalia)

Pegadaian memilih Kota Jambi karena wilayah tersebut memiliki sekitar 423 Tempat Pembuangan Sampah (TPS) yang tersebar di 11 Kabupaten di Kota Jambi.

Pada kesempatan yang sama, Wakil Walikota Jambi H. Maulana menyampaikan apresiasinya kepada Pegadaian dan Program Pegadaian Bersih-Bersih. Maulana menambahkan bahwa dirinya berharap adanya Bank sampah ini dapat meningkatkan kesejahteraan dan nilai ekonomi masyarakat Jambi.

Baca: Razia Balap Liar di Kawasan Bandara Sulthan Thaha, Polresta Sita Sejumlah Kendaraan Diduga Bodong

Baca: WANITA Ini Bisa Bangun Rumah Bertingkat, dari Hasil Sewa Rahimnya: Tarifnya Rp 90 Juta per Kehamilan

Baca: Amalan Bulan Rajab Saat Isra Miraj 3 April 2019, Ini Bacaan Zikir Nabi Ibrahim AS

"Adanya Bank Sampah Dream dapat meningkatkan kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan terhadap lingkungan, dan juga dapat membantu masyarakat dari sektor ekonominya, apa yang dilakukan ini sejalan dengan visi dan misi Kota Jambi dalam rangka tata kelola sampah yang baik," tuturnya.

"Kita sama sama ingin mengurangi beban sampah dari sumbernya, yakni dari rumah tangga kita harapkan pada warga di sekitar bank sampah ini agar setiap kali melihat sampah justru melihat emas, dikumpulkan lalu dijual untuk ditukarkan jadi tabungan emas," kata dia menambahkan. 

Baca: VIDEO: Ibu Ani Yudhoyono Didoakan oleh Ustaz Abdul Somad & Ustaz Adi Hidayat

Baca: Wanita Ini Dijuluki Ibunya Singa, Asalnya Sangat Menyedihkan, Bantai Tiga Pria Pemerkosa Putrinya

Baca: Daftar Harga HP Xiaomi Bulan April 2019, Murah dengan Spesifikasi Berkualitas, Ada Dibawah Rp 1 Juta

Aris Suroso Vice President Operational Kanwil III PT. Pegadaian (persero) Palembang mengatakan pihaknya turut mengarahkan dan mengubah karakter masyarakat untuk hidup bersih yang akan berimplikasi pada ekonomi.

"Memproduktifkan sampah yang awalnya tidak berguna menjadi berguna, bisa dimulai dari rumah tangga, memisahkan sampah organik dan anorganik, lalu sampah anorganik dibawa ke bank sampah untuk menambah nilai tabungan emas, jadi kebersihan itu menghasilkan profit," ujarnya.

Mengelola Sampah jadi Emas, Pegadaian Intens dengan Progaram Bersih-bersih (Fitri Amalia/Tribun Jambi)

Penulis: fitri
Editor: budi
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved