TRIBUNNERS

Tingginya Pengangguran Lulusan SMK di Jambi, Perlukah Jurusan SMK Dievaluasi?

Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) untuk yang berpendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi yang tertinggi yaitu sebesar 7,75 persen

Tingginya Pengangguran Lulusan SMK di Jambi, Perlukah Jurusan SMK Dievaluasi?
TRIBUNNEWS
Peserta mengisi form lamaran pekerjaan di salah satu stand pada Job For Career 2015 di Gelora Bung Karno, Senayan, Rabu (30/9/2015). Melambatnya pergerakan ekonomi membawa dampak bagi sektor ketenagakerjaan Indonesia, Badan Pusat Statistik (BPS) menyatakan jumlah pengangguran pada Februari 2015 mencapai 7,4 juta orang, dengan tingkat pengangguran terbuka (TPT) yang mengalami kenaikan untuk tingkat pendidikan tinggi. (TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN) 

TRIBUNJAMBI.COM - Pada hari jumat tanggal 14 Desember 2018, sebuah koran harian memuat berita berjudul Jurusan SMK Dievaluasi.

Dalam berita tersebut disampaikan bahwa Dinas Pendidikan Provinsi Jambi akan melakukan pemetaan dan evaluasi program keahlian di SMK.

Hal ini untuk menjalankan arahan pemerintah pusat dan menjawab tantangan bahwa SMK penyumbang pengangguran terbesar.

Langkah tersebut memang patut diapresiasi sebagai suatu terobosan baru dunia pendidikan SMK di Provinsi Jambi, namun tentunya perubahan dan evaluasi tersebut tetap harus didukung oleh data.

Sumber data boleh darimana saja, yang pasti harus bisa dipertanggungjawabkan.

Berita Resmi Statitistik yang dikeluarkan BPS Provinsi Jambi pada tanggal 5 November 2018 menyatakan bahwa Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) periode Agustus 2018 sebesar 3,86 persen atau turun sebesar 0,01 poin dibandingkan periode Agustus 2017.

Baca: Peruntungan di Tahun Babi 2019 untuk 12 Shio, Analisa Master Feng Shui dari Filipina

Baca: VIDEO: Letusan Dahsyat Gunung Anak Krakatau Dua Bulan Sebelum Tsunami Selat Sunda

Baca: Video Panas Mirip Marion Jola dan Aura Kasih, 5 Skandal Seleb yang Menghebohkan Sepanjang Tahun 2018

Namun ada hal menarik dimana Tingkat Pengangguran Terbuka (TPT) untuk yang berpendidikan Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) menjadi yang tertinggi yaitu sebesar 7,75 persen atau lebih tinggi dari TPT secara umum.

Bahkan dalam empat tahun terakhir diketahui bahwa TPT yang berpendidikan SMK selalu menjadi yang tertinggi dibandingkan dengan TPT pendidikan yang lainnya.

Namun yang patut diingat bahwa fenomena ini juga berlaku pada tingkat nasional dimana Tingkat Pengangguran Terbuka untuk yang berpendidikan SMK menjadi yang tertinggi dibandingkan jenjang pendidikan lainnya.

Angkatan kerja lulusan SMK

Halaman
1234
Editor: bandot
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved