Breaking News:

Lewat Gedung COC, Dishub akan Diskusikan Tilang Online dengan Polresta

Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi Saleh Ridho mengatakan Kota Jambi saat ini sudah menuju kota pintar. Hal ini terbukti dengan

TRIBUN JAMBI/ROHMAYANA

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi Saleh Ridho mengatakan Kota Jambi saat ini sudah menuju kota pintar. Hal ini terbukti dengan berbagai prestasi yang sudah diraih, termasuk pemasangan CCTV di 14 simpang di Kota Jambi.

14 simpang tersebut diantaranya, Simpang Honda, Simpang kantor camat Kotabaru, simpang lima jelutung, simpang 4 Talang Banjar, simpang Masjid An Nur, Simpang Mayang, Simpang Bukit Baling, Simpang Hotel BW, Simpang Bata, Simpang 4 Jelutung, simpang tiga mandiri Gatot Subroto, simpang Bank Indonesia, Simpang Tugu Keris, dan simpang 4 Persijam.

Baca: Aneka Fungsi Gedung COC; Bisa Pantau Harga di Pasar Hingga Aktivitas ASN

Bahkan selain CCTV, Pemkot Jambi juga mendapat bantuan Area Traffic Control System (ATCS). Melalui sistem ini semua arus lintas bisa diatur melalui gedung COC. Sistem dipasang di beberapa simpang diantaranya adalah Simpang Bata, Simpang Mandiri, Simpang Jelutung, Simpang Sukorejo, dan Simpang Bukit Baling.

"Misalnya ada macet, melalui ATCS ini semuanya bisa dihijaukan," katanya.

Menurutnya Pembangunan ATCS dan CCTV ini dibantu APBN tahun 2018 senilai Rp 3,5 Miliar yang dibangun di 3 simpang. Sementara melalui dana APBD senilai 800 juta dibangun ATCS dan Rp 1 Miliar untuk pembangunan gedung COC.

"Mudah-mudahan 2019 dapat bantuan lagi senilai Rp 2,5 miliar untuk bangun 5 ATCS lagi. Jadi nanti kita punya 10 ATCS," katanya.

Baca: 95 Persen BBM yang Dibeli di SPBU di Merangin Ini Diduga Untuk Aktivitas Penambang Liar

Baca: Makin Masif dan Terus Makan Korban, Ini Tanggapan Gubernur dan Kepolisian Soal PETI

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi, Saleh Ridho mengatakan bahwa di Kota Jambi ada 33 simpang. Namun baru ada 5 simpang yang terpasang ATCS. "Kita berharap tahun depan semua simpang di Kota Jambi sudah lengkap terpasang ATCS," Katanya.

Bahkan dirinya berharap dengan adanya Gedung COC ini, penerapan e-tilang sudah bisa dilakukan. Misalnya untuk pengendara yang melanggar arus lalu lintas, atau kabur saat terjadi kecelakaan.

"Ini sedang kita komunikasikan dengan Polresta Jambi, harapannya agar tilang online ini dapat segera dilaksanakan," katanya.

Penulis: Rohmayana
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved