Tips Kehamilan

Jangan Sepelekan Jika Perut Ibu Hamil Terasa Kencang, Ada Kemungkinan Bahaya

Perut terasa kencang saat hamil kerap terjadi. Tidak sedikit para wanita merasa khawatir, apalagi yang sedang menjalani kehamilan pertama.

Jangan Sepelekan Jika Perut Ibu Hamil Terasa Kencang, Ada Kemungkinan Bahaya
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM - Perut terasa kencang saat hamil kerap terjadi. Tidak sedikit para wanita merasa khawatir, apalagi yang sedang menjalani kehamilan pertama. Dokter Anita Amalia Sari dari klikdokter.com memberikan ulasan tentang topik ini, yang diunggah kembali ke Facebook, Senin (4/6) pukul 13.15 WIB.

Dijelaskan dr. Anita, ada beberapa penyebab perut kencang saat kehamilan. Penyebabnya beragam bergantung pada usia kehamilan, mulai dari yang tidak berbahaya seperti tarikan otot sekitar perut hingga yang membutuhkan kewaspadaan lebih, seperti tanda awal persalinan.

"Oleh sebab itu, penting bagi ibu hamil untuk membedakan penyebab perut kencang," ujarnya.

Baca: VIDEO: Suku Bunga Naik Nilai Tukar Rupiah Membaik, Pasar Masih Sangat Rentan

Trimester pertama

Pada masa ini, ada dua penyebab umum perut kencang, yaitu:

1. Pertumbuhan rahim. Perut kencang pada awal kehamilan terjadi akibat rahim yang meregang dan bertumbuh, untuk menyediakan tempat yang nyaman dan sesuai bagi janin yang baru berkembang. Kondisi ini normal terjadi pada ibu hamil.

2. Keguguran, perut kencang pada masa ini perlu diwaspadai. Apalagi bila disertai dengan flek perdarahan, atau adanya jaringan yang keluar dari alat kemaluan wanita yang disertai nyeri atau kram di bagian punggung bawah belakang.

"Hal ini merupakan gejala keguguran. Segera periksakan kondisi Anda ke pusat kesehatan atau dokter terdekat bila mengalami gejala tersebut," ujarnya.

Trimester kedua

Perut kencang yang dirasakan pada trimester kedua biasanya dipicu oleh hal-hal berikut:

Halaman
1234
Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved