Pesawat Kepresidenan RI dari Soekarno, Gus Dur sampai Joko Widodo, Ini Cara Hindari Rudal

TNI-AU memiliki skadron VIP untuk melayani keperluan perjalanan presiden, wakil presiden, dan menteri...

Pesawat Kepresidenan RI dari Soekarno, Gus Dur sampai Joko Widodo, Ini Cara Hindari Rudal
wikipedia
Spesifikasi (Il-18D) 

TRIBUNJAMBI.COM - Presiden Republik Indonesia memiliki pesawat kepresidenan. Moda trasnportasi khusus ini digunakan presiden saat kunjungan dan lawatan di dalam maupun luar negeri.

Terkini, pesawat kepresidenan yang digunakan Presiden Joko Widodo menggunakan jenis 737-800 Boeing Business Jet 2. Itu yang digunakan saat pendaratan perdana Bandara Internasional Jawa Barat atau BIJB Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Kamis (24/5) pagi.

Ternyata pesawat kepresidenan Indonesia dari masa ke masa berbeda jenisnya. Sejak zaman Presiden Soekarno, Soeharto, sampai ke Joko Widodo saat ini.

Sebelumnya, perlu diketahui, pesawat kepresidenan Indonesia merupakan pesawat udara khusus yang digunakan Presiden Indonesia dan Wakil Presiden Indonesia.

Ini berbeda dengan pesawat komersil pada umumnya.Pesawat ini dirancang untuk memenuhi persyaratan demi menunjang pelaksanaan tugas kenegaraan, karena Indonesia yang merupakan negara dengan wilayah luas dan memerlukan pesawat khusus untuk menunjang perjalanan udara presiden ke seluruh wilayah Indonesia maupun internasional.

Jauh sebelum memiliki pesawat kepresidenan khusus, presiden dan wakil presiden menyewa pesawat komersial biasa milik maskapai penerbangan atau menggunakan pesawat milik TNI Angkatan Udara.

Era Soekarno

Presiden Soekarno mendapat fasilitas kepresidenan. Ini merupakan kali pertama milik Pemerintah Republik Indonesia. Pesawat pertama yang digunakan Presiden Soekarno adalah Ilyushin Il-18 yang merupakan pemberian dari pemerintah Uni Soviet.

Baca: KULINER JAMBI: Nununa Tekwan Boyong Konsep Box Truck untuk Jualan Tekwan

Baca: Baru 8 Hari Puasa, Volume Sampah di Batanghari Meningkat 10 Persen

Baca: Tak Kalah Tampan Dengan Kakaknya, Inilah Sosok Ganteng Zumi Laza Adik Zumi Zola yang Diperiksa KPK

Situs wikipedia menuliskan, pesawat itu mendapat nama Dolok Martimbang dan ditempatkan di Skuadron Udara 17 TNI Angkatan Udara pada waktu itu. Sebenarnya, pesawat ini tidak dirancang secara khusus sebagai pesawat kepresidenan.

Ilyushin
Ilyushin ()

Jenis lain pesawat pada era Soekarno yaitu Lockheed JetStar.

Halaman
1234
Penulis: duanto
Editor: duanto
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved