E KTP

KTP Elektronik Saat ini Berlaku Seumur Hidup, Banyak yang Belum Paham

Sebagian Warga di Kabupaten Tanjung Jabung Timur belum mengetahui bahwa Kartu Tanda PenduduK Elektronik (E-KTP)

KTP Elektronik Saat ini Berlaku Seumur Hidup, Banyak yang Belum Paham
TRIBUN JAMBI/ZULKIFLI
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Syahruddin 

Laporan Wartawan Tribun Jambi Zulkifli

TRIBUNJAMBI.COM, MUARA SABAK - Sebagian Warga di Kabupaten Tanjung Jabung Timur belum mengetahui bahwa Kartu Tanda PenduduK Elektronik (E-KTP) saat ini berlaku seumur hidup, Berdasarkan Surat Edaran (SE) tertanggal 29 Januari 2016 dari Kementerian Dalam Negeri (Mendagri).

Hal itu berdasarkan Undang-undang nomor 24 tahun 2013 pasal 64 ayat (7) huruf a mengamanatkan KTP elektronik warga negara Indonesia masa berlakunya seumur hidup. Selanjutnya KTP elektronik yang sudah diterbitkan sebelum Undang-undang itu ditetapkan berlaku seumur hidup.

Baca: GALERI FOTO: 72 Klub se-Provinsi Jambi Perebutkan Tiket ke Korea

"Artinya KTP elektronik yang sudah diterbitkan sejak 2011 berlaku seumur hidup, tak perlu diperpanjang walaupun telah habis masa berlakunya, kecuali ada perubahan elemen datanya. Jadi semua pihak pemerintahan maupun swasta diharapkan bisa mematuhi ketentuan ini," ujar Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) Kabupaten Tanjung Jabung Timur, Syahruddin, Minggu (4/3).

SE dari Mendagri tersebut sebelumnya juga diedarkan langsung ke instansi-instasi vertikal dan swasta. Jadi pemerintah dan pihak swasta sudah tahu sebelum pihaknya menerima surat edaran itu.

"Namun saat ini masyarakat yang banyak belum mengetahuinya. Jadi langkah kami memberikan sosialisasi di setiap kecamatan. Dan pengumuman tersebut juga telah ditempelkan pada papan informasi kantor," sebutnya.

Baca: Curanmor Merajai Kasus Kriminal di Merangin, Jauh di Atas Kasus Narkoba

Baca: Farhan Khairullah Atlet Taekwondo dari MAN 4 Muarojambi Juara 1 di Serpong

Lebih lanjut Syahruddin menyebutkan, Perbaharuan E-KTP yang bisa dilakukan, seperti kartu E-KTP rusak, ada perubahan data dan lain-lain. Jadi E-KTP yang masa berlakunya habis pada tahun 2016 dan 2017, secara otomatis akan menjadi seumur hidup, tidak perlu diperpanjang.

Halaman
12
Penulis: Zulkifli
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved