Fakta Tentang Komodo, Bisa Makan Sebulan Sekali

Kini, mari kita melihat delapan fakta unik lainnya mengenai naga terakhir di bumi ini.

Fakta Tentang Komodo, Bisa Makan Sebulan Sekali
net/Tribun Jambi
Komodo.

TRIBUNJAMBI.COM - Dalam artikel sebelumnya, Kompas.com telah mengulas mengenai mitos terbesar komodo. Banyak yang mengira air liur hewan ini mengandung bermacam-macam bakteria mematikan karena memakan bangkai. Namun, ternyata fakta berkata lain.

Kini, mari kita melihat delapan fakta unik lainnya mengenai naga terakhir di bumi ini.

1. Berasal dari Australia

Meski kini hanya ditemukan di pulau Komodo, Indonesia, dan sekitarnya, binatang ini sebenarnya berasal dari Australia.

Hal tersebut dibuktikan oleh sekelompok peneliti yang menemukan fosil-fosil komodo berusia 300.000 hingga 4 juta tahun yang lalu di bagian timur Australia. Mereka pun memperkirakan bahwa binatang tersebut menyebar dan mencapai pulau Flores sekitar 900.000 tahun yang lalu.

Seorang profesor paleontologi, Tim Flannery dari Macquarie University di Sydney berkata bahwa hilangnya komodo dari Australia terjadi sekitar 50.000 tahun yang lalu ketika manusia tiba di benua tersebut.

3. Bisa membunuh kerbau

Dengan panjang yang bisa mencapai 3,13 meter dan 166 kilogram, komodo jauh dari kata kecil. Binatang ini bahkan mampu membunuh rusa, babi hutan, dan kerbau.

Sebagai predator yang berbahaya, seekor komodo akan menyamarkan dirinya, menunggu mangsa untuk lewat, dan menyergap tiba-tiba untuk meninggalkan gigitan yang mematikan.

4. Hanya perlu makan sebulan sekali

Halaman
123
Editor: duanto
Sumber: Kompas.com
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2020 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved