TPS Dibangun Jauh dari Pasar Sengeti, Pedagang Pilih Buang Sampah di Pinggir Sungai Batanghari

Masih banyak pedagang membuang sampah sisa jualan ke pinggir sungai Batanghari.

TPS Dibangun Jauh dari Pasar Sengeti, Pedagang Pilih Buang Sampah di Pinggir Sungai Batanghari
Tribunjambi/Samsul Bahri
Tempat pembuangan sampah di tak jauh dari Pasar Sengeti, Muarojambi. 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI-Sampai dengan saat ini sampah di Pasar Sengeti, Kabupaten Muarojambi masih menyisahkan permasalahan terutama di kalangan pedagang. Pasalnya masih banyak pedagang membuang sampah sisa jualan ke pinggir Sungai Batanghari.

Permasalahan ini, menurut sebagian pedagang di karenakan minimnya tempat pembuangan sampah sementara (TPS).

Seperti di ungkapkan oleh Yati, seorang pedagang pasar Sengeti. Hal inilah yang menyebabkan pedagang menjadikan pigir sungai sebagai TPS untuk membuang sampah sisa dagangan.

"Memang ada bangunan untuk pembuangan sampah, tapi itu jauh. Jadi bagi yang rajin itu dikumpulin, sudah itu baru dibuang. Kalo yang dak mau itu lah dibuang ke pinggir sungai," jelasnya.

Baca: Dinsosnakertrans Bungo Rilis Data Kasus Kekerasan Terhadap Anak Empat Tahun Terakhir

Baca: Rawan Money Politic, Warga SAD Akan Didampingi Tumenggung Dalam Pencoblosan di Pemilu 2019

Baca: Wabup Amir Sakib Berikan Pengarahan P2WKSS Pada Puluhan Peserta di Tanjab Barat, Ini yang Diharapkan

Baca: VIDEO: Detik-detik Siswi SMA Naik ke Median Jalan hingga Terjatuh Akibat Hindari Polantas

Ia menambahkan, bahwa tidak hanya dibuang ke pingir sungai, bahkan sampah yang berserakan tersebut menumpuk di tangga pingir sungai. Saat air Sungai Batanghari tinggi, sampah tidak terlalu tampak, namun ketika air surut sampah akan sangat tampak banyak.

Hal senada juga disampaikan oleh Bujang, selain karena minimnya TPS di dekat Pasar tersebut. Pedagang juga terkesan malas untuk membuang sampah pada TPS yang memang cukup jauh dari lokasi pasar.

"Di lain sisi jugo pedagang ado sifat malasnyo. Iyo orang itu kan capek jugo, kami mintak lah kepada dinas untuk buat TPS dekat-dekat sini," terangnya.

Pantauan Tribunjambi.com, Selasa siang (9/4) tampak di pingir-pingir sungai Batanghari yang berada di belakang pasar sampah sisa-sisa dari pedagang. Bahkan, tidak begitu lama, dalam pantauan Tribunjambi.com ada pedagang yang sengaja membuang sisa sampah dengan cara melempar ke pingir sungai.

Selain itu, Tribunjambi.com mencoba untuk mengarah pada tempat sampah yang disediakan, memang cukup jauh sekitar 50 meter. Bahkan, sampah yang ada berserakan, dan di luar dari tempat sampah yang di sediakan.

Penulis: syamsul
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved