Banyak APK Belum Dipasang, KPU Sarolangun Larang Pasang di Tempat Ibadah

Alat Peraga Kampanye (APK) yang telah difasilitasi dan dicetak oleh KPU Kabupaten Sarolangun, banyak yang belum terpasang.

Banyak APK Belum Dipasang, KPU Sarolangun Larang Pasang di Tempat Ibadah
TRIBUNJAMBI/SAMSUL BAHRI
Panwaslu Muarojambi lakukan penertiban alat peraga kampanye 

Laporan wartawan Tribun Jambi, Wahyu Herliyanto

TRIBUNJAMBI.COM, SAROLANGUN - Alat Peraga Kampanye (APK) yang telah difasilitasi dan dicetak oleh KPU Kabupaten Sarolangun, banyak yang belum terpasang.

Ketua KPU Sarolangun, Muhammad Fakhri, mengatakan bahwa pihaknya hanya menghimbau kepada parpol agar memasang APK baik berupa baleho dan spanduk, di lokasi yang ditetapkan di tiap kecamatan, karena saat ini sudah masuk dalam tahapan kampanye.

"Kendala lebih mengarah ke parpol, apa penyebabnya juga kita tidak tahu, yang jelas KPU telah memfasilitasi dan mencetak APK tersebut. Kita sudah sampaikan saat penyerahan alat peraga, kami minta segera memasang APK, baik baleho dan spanduk yang telah kita cetak baik caleg dan DPD, lokasinya juga sudah ditentukan di setiap kecamatan," katanya.

Saat ini kata Fakhri, dari pantauan pihaknya partai politik baru memasang APK tersebut di Sekretariat Parpol masing-masing, yang ada di Kecamatan Sarolangun.

"Kita selalu menghimbau saja, melalui surat agar segera memasang APK tersebut karena itu dibiayai oleh negara. Saya pantau di medsos, juga sudah ada memasang di sekretariat parpol masing-masing," katanya.

Baca: Jokowi Langsung Selfi

Baca: Seekor Siamang Mati dengan Dada Tertembak di Gunung Raya

Baca: Sungai Batanghari Meluap, Ruas Jalan Tanjung Johor - Niaso Tergenang Air

Baca: Perbaikan Jalan Meloncat, Warga Kerinci: Ya, Kami Bingung Kenapa

Pemasangan APK ini tentu sangat diperlukan, mengingat saat ini belum ada dilakukan kampanye akbar, yang tahapannya baru dilakukan mulai tanggal 24 Maret 2019 mendatang.

"Yang jelas sampai saat ini belum ada kampanye akbar, hanya saja parpol melakukan sosialisasi terbatas, pertemuan dialogis, dan tatap muka," katanya.

Untuk pemasangan APK baik baleho ataupun spanduk, telah ditetapkan lokasinya di tiap kecamatan. Untuk Kecamatan Sarolangun di masing-masing sekretariat parpol yang bersangkutan. Di Kecamatan Bathin VIII berada di simpang sungai pelakar depan lapangan sepak bola Desa Tanjung.

Di Kecamatan Pauh, di jalan tepi sawah arah ke kantor Camat Pauh. Lalu di Jalan Air Hitam Dusun Jernih Tuo, Kecamatan Air Hitam.

Di Kecamatan Mandiangin di pasang di antara jembatan dua dusun pembangunan. Lalu, di Kecamatan Pelawan ditetapkan di setelah simpang pelawan sebelum pon bensin sebelah kanan dari arah Sarolangun.

Baca: Terbiasa dengan Obat Warung, Ini Pengakuan Popy Setelah Jadi Peserta JKN KIS

Baca: Beri Arahan ke Caleg dan Relawan di Jambi, Jokowi Sebut akan Ada Banyak Perubahan di Masa Depan

Baca: Harga Pinang Terjun Bebas, Petani di Tanjab Barat Menjerit

Baca: Gempa 6,1 SR Guncang Papua, Warga Wamena Berhamburan Selamatkan Diri, Ini Info BMKG

Di Kecamatan Singkut, di depan rumah makan ALS sebelum kantor Camat Singkut. Di Kecamatan Limun, Jalan Desa Moenti Dusun Sungai Benteng simpang dam Kutur.

Kecamatan Cermin Nan Gedang, di Simpang jalan ke SMP arah ke Batang Asai dan di Kecamatan Batang Asai di pasang arah jalan sebelum Gerabak.

Lalu, parpol juga dilarang memasang APK, di tempat ibadah termasuk halaman, Rumah Sakit atau tempat pelayanan kesehatan, gedung milik pemerintah dan lembaga pendidikan (gedung dan sekolah).

Lalu pemasangan APK di tempat yang merupakan milik perseorangan atau badan swasta harus seizin secara tertulis dari pemilik lokasi.

Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved