Kebanjiran, 700 Narapidana Lapas Klas II A Jambi Diungsikan

Tujuh blok Lapas Klas II.A Jambi terendam banjir. Pihak lapas harus memindahkan 700 narapidana ke dalam tiga blok.

Kebanjiran, 700 Narapidana Lapas Klas II A Jambi Diungsikan
tribunjambi/Rohmayana
Yusran kepala lapas Jambi 

Laporan wartawan Tribun Jambi, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI- Selain 19 titik rawan banjir di Kota Jambi, Lembaga Pemasyarakatan Jambi juga menjadi salah satu langganan banjir setiap kali hujan deras.

Bahkan berapa waktu lalu dinding lapas sempat jebol akibat debit air yang tak tertampung.

Kepala Lembaga Pemasyarakatan Klas II.A Jambi Yusran mengatakan bahwa dalam waktu dua minggu terakhir sudah dua kali banjir yang cukup besar. Bahkan malam tadi banjir terjadi dan masuk ke dalam lapas hingga sepinggang orang dewasa.

Baca: Golkar Belum Mau Bicara Pengganti Mayloedin

Keadaan ini tentunya mengkhawatirkan bagi para petugas lapas. Karena selain menjadi kesempatan bagi para napi untuk kabur dari lapas, keadaan yang terus menerus seperti ini juga bisa membahayakan kesehatan bagi para napi.

Dijelaskan Yusran bahwa saat ini ada 1.320 jumlah tahanan yang ada di Lapas Jambi. Sementara yang terkena dampak banjir sebanyak tujuh blok atau sekitar 700 narapidana.

Sehingga 700 napi tersebut terpaksa harus dipindahkan ke tempat yang lebih tinggi yaitu dipindahkan ke tiga blok secara bergantian.

"Saat banjir kita ungsikan ke 3 blok secara bergantian. Kota juga pakai cara sistem, yaitu dengan absen 20 baru buka sel dan dipindahkan, begitu seterusnya hingga selesai," katanya.

Baca: Enam Caleg dari Hanura, PAN, Nasdem, Dicoret KPU dari DCT

Saat dievakuasi menurutnya petugas lapas melakukan pendekatan kepada pada napi, karena , Hal ini bukan menjadi keinginan kita semua melainkan musibah.

Selain itu rencananya memang akan ada relokasi pemindahan lapas Kota Jambi. Lokasi pemindahan lapas rencananya dilakukan di Paal 12 yang sudah dibeli tanahnya sekitar 10 hektare.

"Kita juga kordinasikan dengan pihak Kemenkumham dan mudah-mudahan 2019 sudah dibangun dan akan segera direlokasi," ujarnya.

Baca: Atasi Banjir, Pemprov Jambi, Pemkot Jambi, Pemkab Muarojambi Akan Ketemu

Untuk saat ini pihaknya meminta agar Pemerintah Kota Jambi memberikan perhatian khusus kepada para penghuni lapas dalam keadaan seperti ini. Karena saat hujan seperti ini akan banyak penyakit yang akan bermunculan. Misalnya DBD, malaria dan lainnya.

"Ya kita minta juga agar Pemkot Jambi melalui dinas kesehatan melakukan pengasapan, pemeriksaan kesehatan, pemberian obat untuk jentik nyamuk dan lainnya," katanya.

Baca: Andika Beberkan Modus Operasi Raibnya Uang Rp 400 Juta

Walaupun saat ini pihaknya sudah memiliki tim medis, namun perhatian ekstra juga harus dilakukan. Karena jangan sampai ada yang terserang DBD, hingga menular ke yang lainnya.

Penulis: Rohmayana
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved