Enam Caleg dari Hanura, PAN, Nasdem, Dicoret KPU dari DCT

Enam orang calon legislatif dicoret dari daftar caleg tetap (DCT). Beberapa pencoretan atas keputusan Bawaslu.

Laporan wartawan Tribun Jambi Hendri Dunan

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI– Enam orang calon legislatif dicoret dari daftar caleg tetap (DCT) baik oleh KPU Provinsi Jambi maupun KPU Kabupaten /Kota. Beberapa pencoretan atas keputusan Bawaslu dan meninggal dunia serta terjerat kasus hukum.

Semenjak ditetapkan masuk dalam DCT DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten/kota, ternyata tidak menjamin keberadaan para caleg-caleg partai tersebut aman hingga proses pemilihan.

Laporan pelanggaran dan temuan masih bisa mengancam mereka hingga tercoret dari DCT. Buktinya ada enam caleg yang sudah dicoret KPU, baik tingkat provinsi maupun kabupaten/kota.

Sanusi, Komisioner KPU Provinsi Jambi divisi teknis kepada Tribunjambi.com mengungkapkan bahwa secara keseluruhan ada enam caleg yang sudah dicoret.

Baca: Terancam Dicoret dari DCT, Caleg Hanura Ancam Gugat KPU Provinsi Jambi

Diantaranya oleh KPU Provinsi Jambi ada satu caleg, Merialdi dari partai Hanura Dapil 6. Pencoretan atas rekomendasi Bawaslu Provinsi Jambi.

“Total keseluruhan yang kita rekap ada enam caleg dicoret dari DCT,” ungkap Sanusi, Selasa (4/12).

Lalu, untuk KPU Kabupaten Muaro Jambi juga mencoret DCT atas nama Suherman, caleg dari NasDem di Dapil 2. Pencoretan atas rekomendasi Bawaslu.

Baca: Atasi Banjir, Pemprov Jambi, Pemkot Jambi, Pemkab Muarojambi Akan Ketemu

KPU Batanghari mencoret DCT atas nama M.Havis Caleg PAN dapil 1. Pencoretan dilakukan sendiri oleh KPU setelah memegang bukti adanya keputusan pengadilan yang berkekuatan hukum tetap yang harus dijalani oleh M.Havis. Lalu, ada Siti Aisyah Harahap caleg partai Perindo yang dicoret dari DCT karena meninggal dunia.

“Pencoretan DCT oleh KPU dilakukan karena adanya rekomendasi Bawaslu, Putusan pengadilan berkekuatan hukum tetap dan meninggal dunia,” ungkap Sanusi.

Baca: 19 Titik Tergenang, Pemkot Jambi Siapkan Penanganan Banjir Jangka Panjang

Pencoretan DCT juga dilakukan oleh KPU Tebo atas nama Harmalini caleg PAN karena meninggal dunia. Dan caleg Hanura atas nama Marlina Mutiara Wiwid Harianto karena tidak menyerahkan laporan awal dana kampanye ke KPU Tebo.

Baca: Andika Beberkan Modus Operasi Raibnya Uang Rp 400 Juta

“SK pencoretan caleg tersebut dari DCT sudah dilakukan oleh semua KPU Provinsi dan KPU Kabupaten/kota,” terang Sanusi.

Penulis: dunan
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved