Cerita Haviz Muchti, Anak Guru yang Kini Jadi Dosen

Menjadi dosen merupakan cita-citanya sejak lama karena memang diahirkan dari keluarga guru.

Cerita Haviz Muchti, Anak Guru yang Kini Jadi Dosen
istimewa
Haviz Muchti 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Nurlailis

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Menjadi dosen merupakan cita-citanya sejak lama karena memang diahirkan dari keluarga guru. Ia juga orang yang suka bidang riset dan penelitian. Selain itu ia juga suka berbagi ilmu dan berinteraksi dengan orang lain.

Adalah Haviz Muchti Kurniawan, Kaprodi Farmasi Universitas Adiwangsa Jambi. Ia sudah memulai menjadi dosen sejak 2012. Pria 34 tahun ini merupakan alumnus Unand jurusan Biologi dari S1 hingga S2.

Menurutnya selama ini ilmu pengetahuan selalu berkembang. Akademisi selalu mengupdate yang namanya bahan ajar.

“Mengajar itu disesuaikan dengan kondisi terkini. Tujuannya untuk meningkatkan kapabilitas mahasiswa itu sendiri. Saat ini juga muncul ilmu-ilmu baru seperti perpaduan sosial dan sains. Riset juga sudah harus bisa lintas ilmu,” ungkapnya.

Baca: Tingkatkan Kualitas Pendidikan, Disdik Bungo Lakukan Penyegaran Guru

Beberapa penelitian yang pernah ia lakukan di antaranya tentang penyakit tanaman pada pisang. Penelitian lain juga tentang potensi sumber air panas Kerinci yang menghasilkan suatu produk.

“Ada satu bakteri yang menghasilkan produk enzim yang bisa bersinergi dengan detergen, fungsingya sebagai zat adiktif detergen. Sehingga detergen bisa membersihkan dengan maksimal. Selain ke detergen, enzim ini juga diterapkan untuk dapat membersihkan kontak lens,” jelasnya.

Baca: 70 Model dari Rainbow Management akan Meriahkan Even Tribun Great Expo 2018

Saat ini mahasiswa sudah dituntut untuk berwirausaha. Tidak terkecuali mahasiswa farmasi. Ia mengatakan mahasiswa farmasi juga diajarkan tentang berwirausaha, management penjualan obat, serta mengundang perusahaan yang bergerak dibidang farmasi untuk memberikan pencerahan kepada mahasiswa.

Penulis: Nurlailis
Editor: Teguh Suprayitno
Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved