Desa Wajib Punya Arsip, Pemkab Merangin Adakan Bimtek AMD

Pemerintah Desa diharapkan mampu membuat arsip di setiap desa. Tupoksi paling penting untuk mengelola arsip adalah sekretaris desa (Sekdes).

Desa Wajib Punya Arsip, Pemkab Merangin Adakan Bimtek AMD
TRIBUNJAMBI/ABDULLAH USMAN
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribunjambi.com Muzakkir

TRIBUNJAMBI.COM, BANGKO -- Pemerintah Desa diharapkan mampu membuat arsip di setiap desa. Tupoksi paling penting untuk mengelola arsip adalah sekretaris desa (Sekdes).

Untuk itu, Pemerintah Kabupaten Merangin mengadakan bimbingan teknis (Bimtek) Arsip Masuk Desa (AMD), tentang pengelolaan kearsipan bagi pengelola arsip desa/lurah se-Kabupaten Merangin.

Acara yang berlangsung di Aula Hotel Suslinda yang dibuka langsung oleh Wakil Bupati Merangin H Mashuri, diikuti para sekretaris desa dan kelurahan se-Kabupaten Merangin.

Baca: BKD Kab. Muarojambi Perpanjang Dua Hari Penerimaan Berkas Pendaftaran CPNS 2018

‘’Saya minta peserta dapat mengikuti bimtek ini dengan baik, sehingga bisa mengimplementasikan ke desa,’’ ujar Wabup.

Ditegaskan wabup, kearsipan memegang peran yang sangat penting, karena para penyelenggara pemerintahan ketika dihadapkan pada suatu persoalan dokumen, yang dicari adalah arsip.

Arsip lanjut Wabup, merupakan dokumen penting yang harus dijaga, karena merupakan arsip yang suatu saat akan dipergunakan. Dalam administrasi perkantoran arsip adalah hal yang sangat penting.

Arsip memiliki nilai dan arti yang penting sekali dari sistem pemerintahan, karena merupakan bahan bukti resmi mengenai penyelenggaraan administrasi pemerintah dan kehidupan kebangsaan.

Selain sebagai dokumen pelaksanaan kegiatan pemerintah dan pembangunan, arsip juga sebagai alat bukti yang sah di pengadilan, jika dalam pelaksanaan administrasi pemerintahan mengalami masalah.

Baca: Berkas Dokumen CPNS Wajib Diantar Langsung ke BKD Kab. Muarojambi

Baca: DLH Sarolangun dan Provinsi Ikut Digugat Warga

Tidak hanya itu, arsip juga sebagai ‘tulang punggung’ pemerintahan, pembangunan dan bahan pertanggungjawaban kinerja organisasi, sehingga keberadaannya harus diselamatkan dan dikelola secara profesional.

Penulis: muzakkir
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved