Kesehatan

Membawa Bayi 11 Bulan Mudik ke Luar Kota. Sudah Amankah, Dok?

Selamat mudik, bagi yang akan menuju kampung halaman jelang lebaran tahun ini. Ada yang menggunakan armada udara,

Membawa Bayi 11 Bulan Mudik ke Luar Kota. Sudah Amankah, Dok?
(pinterest)
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM - Selamat mudik, bagi yang akan menuju kampung halaman jelang lebaran tahun ini. Ada yang menggunakan armada udara, darat maupun laut.

Ada juga yang menggunakan kendaraan pribadi baik roda empat, namun mirisnya ada juga yang menggunakan kendaraan roda dua. Menempuh jarak ratusan kilometer, dengan terpaan angin, posisi duduk yang sempit karena berdempetan, ditambah banyaknya barang bawaan. Lebih miris lagi, terkadang ada bayi yang ikut dibawa serta.

Baca: Ditinggal dengan Kakak Berusia 3 Tahun, Bayi 37 Hari Telan Tiga Buah Sekrup.  Kondisinya. . .

Amankah bayi dibawa bepergian untuk jarak yang cukup jauh, memakan waktu hingga belasan jam? Akun klikdokter.com kembali mengunggah topik ini di Facebook, Minggu (10/6) pukul 19.30 WIB.

Seorang netizen menyampaikan pertanyaan tentang keamanan membawa bayi menempuh perjalanan jauh. Berikut pertanyaannya:

Siang dok, saya mau tanya. umur berapa ya donk bayi bisa di ajak berpergian jarak jauh? rencana saat lebaran Idul Fitri anak saya akan saya ajak ke rmh saudara di Kutoarjo dan lanjut ke Banyuwangi. apakah di usia 11 bulan boleh donk? Terima Aksih

dr. Sepriani Timurtini Limbong menjawab, bayi memang sebaiknya tidak dibawa bepergian jauh karena daya tahan tubuh mereka yang masih belum sempurna. Memang tidak ada batasan usia kapan mereka dapat diajak bepergian, namun pada usia di bawah 1 bulan disarankan tidak bepergian jauh.

Baca: Kentut 20 Kali dalam Sehari, Normalkah?

Baca: ASTAGA! - Gara-gara Perawat Ceroboh, Kaki Bayi Usia 4 Hari Ini Terpaksa Dipotong

"Usia yang aman untuk membawa bayi bepergian adalah di atas 3 bulan. Apabila kondisi bayi Anda sehat (ASI kuat, menangis kuat, BAK dan BAB normal, serta tidak ada keluhan) dan Anda berniat untuk mengajaknya bepergian ke luar kota tidak ada larangan asalkan persiapan yang Anda lakukan cukup lengkap," ujar dr. Sepriani.

Setelah beberapa jam perjalanan berhentilah sebentar untuk beristirahat dan agar bayi Anda menghirup udara segar. Pastikan selimut bayi Anda cukup tebal untuk melindunginya dari angin dan dingin, pastikan asupan ASI terpenuhi dengan baik, hindari keluarga/penumpang lain di kendaraan yang terlihat sakit (flu/batuk/lainnya), selalu evaluasi kondisi bayi Anda setiap beberapa jam (demam, diare, rewel).

"Satu lagi adalah pastikan kondisi badan Anda sehat guna menopang bayi dan memberikan jumlah asupan ASI yang cukup," jelas Sepriani.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan mengenai usia aman bayi untuk bepergian. Semoga bermanfaat. Salam .

Baca: HATI-HATI - Mudik atau Tidak Anda Bisa Terserang Penyakit Ini Usai Lebaran

Baca: TANYA USTAZ:  Kapan Waktu yang Tepat Untuk Mandi Junub?

Baca: 5 Kebiasaan Ini Bisa Bikin Wajah Anda Cepat Boros, Nomor 4 Jangan Tempel Pipi ke Bantal

Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help