Kesehatan

Cek Pola Makan Keluarga Anda! Karena Bisa Pengaruhi Ukuran Otak

Selama ini kita kerap disarankan untuk pola makan yang sehat, selain untuk menjaga kesehatan, bentuk tubuh, juga agar tetap fresh

Cek Pola Makan Keluarga Anda! Karena Bisa Pengaruhi Ukuran Otak
Shutterstock
Ilustrasi 

TRIBUNJAMBI.COM - Selama ini kita kerap disarankan untuk pola makan yang sehat, selain untuk menjaga kesehatan, bentuk tubuh, juga agar tetap fresh untuk kegiatan sehari-hari.

Namun tahukah Anda, pola makan juga menentukan volume otak lho. Saran ini kerap ditujukan mulai pada bayi hingga anak di masa remaja. Padahal pola makan yang sehat untuk volume otak berlaku untuk semua umur.

Bagaimana pola makan yang baik untuk menghasilkan volume otak yang diharapkan? Yuk disimak dan bandingkan dengan pola makan keluarga Anda saat ini.

Baca: Mantan Pegawai Honor di Dinas Kesehatan Bungo Tepergok Mencuri Kertas HVS

Bobby Agung Prasetyo dari akun klikdokter.com, telah mengulas topik ini dan kembali diunggah oleh akun yang sama ke Facebook, Rabu (23/5) pukul 18.00 WIB.

Dijelaskan Bobby, pola makan sehat adalah konsumsi makanan yang mengandung semua unsur gizi seimbang sesuai kebutuhan tubuh. Hal tersebut meliputi protein, karbohidrat, lemak, vitamin, mineral, dan air. Selain itu, sumber nutrisinya juga harus dipilih sealami mungkin.

Menyantap makanan tidak sehat telah banyak dikaitkan dengan timbulnya sejumlah penyakit. Kelebihan pemanis buatan, misalnya, dapat membuat gula darah Anda melonjak drastis dan terkena diabetes.

Sebaliknya, asupan yang tepat akan memberikan manfaat buat tubuh Anda. Bahkan berdasarkan sebuah penelitian yang dilansir TIME, apa yang Anda makan dapat memengaruhi ukuran otak.

Baca: Dugaan Gratifikasi Proyek di Jambi - KPK Kembali Periksa Dua Saksi. Salah Satunya Ibu Rumah Tangga

Baca: Nyinyir Mempersoalkan Efektivitas Kerja Orang Berpuasa, Menteri Denmark Ini Dikecam

Makin sehat makanan, makin besar otak anda

Sebuah studi baru yang diterbitkan di Neurology menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan sehat punya kemungkinan tinggi memiliki volume otak lebih besar.

Meike Vernooij, seorang profesor epidemiologi dan radiologi di Erasmus University Medical Center, Belanda, ingin melihat bagaimana pola makan dapat memengaruhi ukuran otak. Bersama timnya, ia melakukan survei pada 6 ribu orang tua di Belanda berusia rata-rata 66 tahun terkait apa yang mereka makan lalu menganalisis hasil pemindaian otak selama 10 tahun.

Halaman
123
Penulis: fifi
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved