Jelang Pemilu 2019

KPU Tetapkan 3 Dapil, Ini Jumlah Anggota DPRD Sungai Penuh 2019

Memasuki tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif beredar kabar adanya perubahan Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Sungai Penuh,

KPU Tetapkan 3 Dapil, Ini Jumlah Anggota DPRD Sungai Penuh 2019
TRIBUNJAMBI/EDI JANUAR
KPU Sungai Penuh. 

TRIBUNJAMBI.COM, SUNGAI PENUH - Memasuki tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) Legislatif beredar kabar adanya perubahan Daerah Pemilihan (Dapil) Kota Sungai Penuh, hal ini dalam pengusulan KPU Kota Sungai Penuh ke KPU Pusat di Jakarta sebelumya. Dalam hal dapil ini terdapat dua opsi, yakni opsi pertama, tetap mengacu pada Dapil pertama, dan opsi kedua menjadi 4 Dapil. Akan tetapi saat ini KPU Pusat tetap mengabulkan 3 Dapil, bahkan secara rinci sudah disampaikan.

Seorang Komisioner KPU, Jamprida ketika dikomfirmarsi wartawan di kantor KPUD Sungai Penuh membenarka hal ini, Sabtu (21/4).

Baca: Pascakebakaran Hotel Novita, Karyawan Gelar Rapat. Ini Sikap Mereka Selanjutnya

"Ya beberapa kali rapat dari proses itu,mulai dari diskusi publik, masukan masyarakat dan sampailah kita ke uji publik. Setelah itu kita ajukan ke provinsi ada 2 opsi. Setelah itu KPU Provinsi juga mengajukan ke KPU pusat terkait dua opsi tersebut,” ungkapnya.

Setelah itu pada tangal 4 April 2018 kemarin keputusan dari KPU Pusat di keluarkan bahwa Kota Sungai Penuh tetap 3 Dapil. Berikut hasil keputusan KPU Pusat dalam penentuan Dapil di Sungai Penuh. Diantaranya Dapil Kota Sungai Penuh 1 Pondok Tinggi, Sungai Penuh, Sungai Bungkal meliputi 10 kursi anggota DPRD.

Dapil kota sungai Penuh 2 meliputi kecamatan Pesisir Bukit, Koto Baru, dan Kecamatan Hamparan Rawang dengan 9 anggota DPRD.

Sedangkan untuk Dapil Kota Sungai Penuh 3 meliputi Kecamatan Tanah Kampung, dan Kecamatan Kumun Debai dengan jumlah kursi DPRD nantinya 6 orang. Sehingga akan ada sebanyak 25 anggota DPRD Kota Sungai Penuh, sama dengan jumlah anggota saat ini.

Baca: Nobar Film Terbang untuk Anak-anak Yatim Jambi, Tujuannya Sangat Mulia

Baca: Black Out Munir, Hikayat Kematian Munir yang Dipentaskan Teater Payung Hitam

Demikian juga disebutkan jumlah penduduk per-Dapil tersebut. Terbesar Kecamatan Pondok Tinggi 19.684 orang penduduk, Hamparang Rawang 15.362 orang, kecamatan Pesisir Bukit 12.789 orang. Selain itu kecamatan Sungai Penuh 11.782 orang, kecamatan Sungai Bungkal 11.330, kecamatan Kumun Debai 11.281 orang, dan kecamatan Tanah Kampung 11.223 orang penduduk, serta Kecamatan Koto Baru dengan jumlah penduduk 9.930 orang. Sehingga jumlah keseluruhan 103.511 orang.

Penulis: hendri dede
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help