Parenting

Multifungsi Mainan - Tak Hanya Sekedar Permainan, Juga Mengajar Anak Soal Tanggung Jawab

Dunia anak memang tak lepas dari yang namanya bermain. Ada banyak jenis permainan yang ada saat ini untuk outdoor dan indoor.

Multifungsi Mainan - Tak Hanya Sekedar Permainan, Juga Mengajar Anak Soal Tanggung Jawab
Istimewa

TRIBUNJAMBI.COM - Dunia anak memang tak lepas dari yang namanya bermain. Ada banyak jenis permainan yang ada saat ini untuk outdoor dan indoor. Lalu bagaimakah sebaiknya memilih permainan untuk anak?

Kamelia Auranti membagikan tips dalam memilih permainan anak. Dalam urusan permaian untuk anak ia membebaskan anaknya Kaila Cinta Nadaura untuk bermain di dalam atau pun diluar rumah. Ia menekankan yang terpenting adalah tanggung jawab. Ia mengajarkan anaknya untuk merawat sendiri mainan yang sudah ada.

Baca: Pilkada Kerinci - Monadi Sebut akan Majukan Petani dan Harga Komoditas

“Rumah itu memang penuh dengan mainannya. Dari situ dia juga belajar tanggung jawab untuk merawat mainannya. Sehingga barang kepunyaan dia tidak berserakan dan dia paham harus membereskan dan merawatnya sendiri,” ceritanya kepada Tribunjambi.com.

Dari kecil Kaila memang diajarkan tanggung jawab seperti mencuci piring, kain, bangun pagi, salat dan mempersiapkan kebutuhan pribadinya.

Sejak masih kecil pula ia membiasakan anaknya untuk menabung. Hal ini ditujukan untuk barang-barang yang diinginkan seperti mainan, buku pelajaran, Alquran dan sebagainya.

Kaila yang berusia 9 tahun pun sudah bisa mengonsidikan uang jajan untuk barang-barang yang ia inginkan. “Beli mainan itu dari dulu selalu aku biasain dari tabungannya sendiri. Sehingga kalau dia mau beli mainan baru ya dari tabungannya, sebagai orang tua hanya menambahkan kekurangannya,” ujarnya.

Baca: Pilkada Kerinci - Jadwal Padat, Zainal dan Arsal Kampanye Terpisah

Baca: Angka Kekerasan Terhadap Perempuan dan Anak Meningkat

Selain permainan yang berada dalam rumah, Kaila juga gemar bermain gadget. Sebagai orang tuapun Kamelia membatasi waktu untuk bermain handphone bagi anaknya yaitu hanya pada saat weekend saja.

Hal-hal yang diakses diantaranya adalah games dan youtube. Ia menceritakan biasanya Kaila beraksi seperti youtuber untuk mendeskripsikan permainan yang baru ia beli.

 

Penulis: Nurlailis
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved