Prakiraan Cuaca

Siang Hari Hawa Panas Ekstrem Berpotensi Berlanjut di Jambi

Cuaca saat ini hingga satu minggu kedepan menurut BMKG Stasiun Meteorologi Kelas 1 Sultan Thaha Jambi, diprediksi hawa

Siang Hari Hawa Panas Ekstrem Berpotensi Berlanjut di Jambi
TRIBUNJOGJA
Ilustrasi cuaca panas 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Wahyu Herliyanto

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Cuaca saat ini hingga satu minggu kedepan menurut BMKG Stasiun Meteorologi Kelas 1 Sultan Thaha Jambi, diprediksi hawa panas yang ekstrem dan adanya hujan sedang hingga lebat pada malam hingga dini hari.

"Di kota Jambi hawa panas mencapai 33°c, cukup panas bagi yang beraktivitas di luar ruangan. Kalau potensi hujan sedang hingga lebat, masih ada seminggu ke depan. Dan waktu terjadinya rata-rata terjadi siang hingga malam hari," ujar Dyan Anggrainia, Forkester Prakirawan, Rabu (14/3).

Baca: Pilkada Kota Jambi - 80 Ribu Warga Tidak Dikenal Masuk Dalam Daftar Pemilih

Dyan menjelaskan, hujan siang terjadi di Kabupaten Bangko, Sarolangun, dan Kerinci, dan malamnya terjadi di sekitar wilayah Kabupaten Batanghari, Bungo, dan Tebo. Kemudian menjalar pada dini hingga siang harinya baru sampai di wilayah Kota Jambi, Muaro jambi, Tanjung Jabung Timur dan Tanjung Jabung Barat.

Katanya, ini disebabkan adanya penguapan hawa panas di laut timur jambi, sehingga peningkatan pertumbuhan awan-awan hujan, atau awan cumulonimbus yang dominan terdapat di wilayah Sarolangun dan sekitarnya. Sesuai prediksi, curah hujan di wilayah tersebut cukup tinggi.

"Ini terpantau dari citra radar cuaca, terlihat degradasi warna kuning hingga jingga. Ini terdeteksi hujan lebat yang terjadi pada siang hingga malam hari," ujar Annisa.

Ditambahnya, untuk saat ini, tinggi gelombang di daerah timur jambi yaitu Tanjung Jabung Timur dan Barat antara 0.5 sampai 1.0 meter, dengan kecepatan angin rata rata 10 km per jam.

Baca: Ini Alasan Porprov Digelar Bulan September

Baca: Koni dan Panitia akan Rakor Bahas Kesiapan Venue Hingga Kesekretariatan

Halaman
12
Penulis: Wahyu Herliyanto
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved