Pilkada Kota Jambi

Pilkada Kota Jambi - Ini Tanggapan Mulyadi Yatub Soal 80 Ribu KTP Tak Dikenal di Kota Jambi

Dari hasil audensi Kunjungan kerja Dewan Ketahanan Nasional (DKN) di ruang utama kantor Wali Kota Jambi, Rabu (14/3). Satu

Pilkada Kota Jambi - Ini Tanggapan Mulyadi Yatub Soal 80 Ribu KTP Tak Dikenal di Kota Jambi
TRIBUNJAMBI/MAREZA SUTAN AJ
Kepala Dinas Dukcapil Kota Jambi, Mulyadi Yatub 

Laporan Wartawan Tribun Jambi, Rohmayana

TRIBUNJAMBI.COM, JAMB I- Dari hasil audensi Kunjungan kerja Dewan Ketahanan Nasional (DKN) di ruang utama kantor Wali Kota Jambi, Rabu (14/3). Satu diantara permasalahannya yakni masih ada sekitar 80 ribu KTP yang tidak dikenal, berdasarkan data dari Panwaslu.

Menanggapi hal ini Kepala Dukcapil Kota Jambi Mulyadi Yatub menyebutkan bahwa data tersebut baru diketahui oleh pihak Dukcapil. Menurutnya, data tersebut tidak sinkron dengan data yang dimiliki oleh Dukcapil. Karena data yang dimiliki oleh Panwaslu merupakan data dari Kemendagri. Sementara data kependudukan dari Dukcapil setiap harinya mengalami perubahan.

Baca: Pemetaan BPBD Tanjabbar; Awan Petir dan Puting Beliung Sering Muncul di Kawasan Ini

"Nanti mana saja data belum sinkron akan segera disinkronisasikan," kata Mulyadi Yatub Usai Audensi Rabu (14/2).

Dirinya mencontohkan data yang ada di Panwaslu berasal dari data Pilgub 2015 lalu. Sementara misalnya data warga yang pindah dan warga yang meninggal setiap harinya terus bertambah.

"Itu hanya acuan Panwaslu saja, namun tim KPU nantinya akan turun ke lapangan berapa jumlah yang sebenarnya. Data 80 Ribu ini kan tidak serta merta semuanya tidak dikenal, data ini baru data statistik saja," ujarnya.

Ketika ditanyakan kapan target penyelesaian angka 80 Ribu KTP yang tidak dikenal. Mulyadi Yatub menyebutkan bahwa itu domainnya KPU. "kita hanya menyiapkan data yang dibutuhkan KPU saja," katanya.

Bahkan dalam waktu dekat ini pihaknya akan mengeluarkan daftar pemilih Sementara (DPS) dalam bentuk soft copy, yang nantinya akan dicocokkan oleh RT di masing-masing kelurahan.

Baca: Siang Hari Hawa Panas Ekstrem Berpotensi Berlanjut di Jambi

Baca: Ini Alasan Porprov Digelar Bulan September

Setelah dicocokkan oleh RT masing-masing, ataukah ada pengurangan atau penambahan. maka pihaknya akan segera mengeluarkan Daftar Pemilih Tetap (DPT).

Penulis: Rohmayana
Editor: fifi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help