Truk Batubara Nekat Masuk Kota

Sopir Truk Batubara Nekat Masuk Kota Kena Sanksi Rp 50 Juta, Mustari: Tidak Ada Keringanan

Ada beberapa tahapan yakni tahapan yang pertama mengamankan dulu barang bukti berupa kendaraan

Penulis: anas al hakim | Editor: Rahimin
tribunjambi/rahimin
Dua pekerja langsung memindahkan batubara tersebut ke dalam truk yang kosong, Kamis (26/1/2023) pagi. 

TRIBUNJAMBI.COM, JAMBI - Terkait dengan sanksi denda Rp 50 juta terhadap truk batubara yang melanggar, Kasat Pol PP Kota Jambi Mustari Affandi, nanti akan dikenakan sanksi sesuai Perda Nomor 4 tahun 2017 tentang angkutan lalulintas di pasal 22 tersebut. 

"Akan dikenakan sanksi maksimal Rp 50 juta untuk selanjutnya kita akan berkoordinasi dengan JPU dan juga Pengadilan Negeri Jambi," kata Mustari Affandi, Kamis (26/1/2023). 

Mustari menambahkan, ada beberapa tahapan yakni tahapan yang pertama mengamankan dulu barang bukti berupa kendaraan yang sekarang sedang dilakukan pengosongan batubara tersebut.

Truk batubara yang nekat masuk kota dan terperosok di Simpang Kawat, Jelutung Kota Jambi, Kamis (26/1/2023).
Truk batubara yang nekat masuk kota dan terperosok di Simpang Kawat, Jelutung Kota Jambi, Kamis (26/1/2023). (Tribunjambi/anas alhakim)

Nanti tugas PPNS yang akan memanggil tersangka terkait dengan dikenakan sanksi dan selanjutnya dilakukan pengembangan, sopir atau pemilik kendaraan yang akan dikenakan pasal tersebut. 

"Kalau mereka meminta keringanan, maka tidak bisa. Sebab, ini sekaligus memberikan efek jera terhadap pengendara yang lain, dan yang akan menentukan adalah dari pihak pengadilan," ujarnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perhubungan Kota Jambi Saleh Ridha bilang, terkait hal ini akan dilakukan pemeriksaan terlebih dahulu oleh pihak kepolisian.

"Nanti kita lihat proses dari pihak kepolisian dan PPNS dulu, setelah itu unit akan ditahan untuk diproses lebih lanjut," ujarnya.

Seperti diketahui, belum sampai 24 jam setelah Wali Kota Jambi Syarif Fasha menyatakan larangan angkutan batubara masuk ke dalam jalan Kota Jambi pagi ini Kamis, (26/1/2023) satu truk batubara diketahui terperosok di Jalan Moh. Yamin kelurahan Payo Lebar kecamatan Jelutung, Kota Jambi.

Baca juga: Truk Batubara Nekat Masuk Kota dan Terperosok di Simpang Kawat Akan Ditahan di Polda Jambi

Baca juga: Ini Pengakuan SopirTruk Batubara Yang Nekat Masuk Jalan Dalam Kota Jambi: Baru Dua Kali

Baca juga: BREAKING NEWS Belum 24 Jam Larangan Truk Batubara Masuk Kota, Satu Truk Terperosok di Simpang Kawat

Sumber: Tribun Jambi
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved