Musashi Pangeran Batara Dieksekusi ke Lapas Kelas II Muara Tebo

Musashi Pangeran Batara (39) merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) kasus korupsi kini dieksekusi ke Lapas kelas II Muara Tebo Jumat (13/1/2023) siang

Penulis: Sopianto | Editor: Teguh Suprayitno
Tribunjambi/Sopianto
Musashi Pangeran Batara diekesekusi di Lapas Kelas II Muara Tebo Jumat (13/1/2023) siang. 

TRIBUNJAMBI.COM,MUARATEBO- Musashi Pangeran Batara (39) merupakan Daftar Pencarian Orang (DPO) kasus korupsi kini dieksekusi ke Lapas kelas II Muara Tebo Jumat (13/1/2023) siang.

Ia ditangkap, karena terbukti melakukan korupsi proyek peningkatan pengaspal jalan Muaro Niro Muara Tabun dan Jalan 21 Pall 12 Tahun APBD Tebo Tahun 2013-2015 dengan anggara Rp 26 miliar.

Kejari Tebo Dinar Kripsiaji melalui Kasi Pidana Khusus (Pidsus) Kejaksaan Negeri Tebo Wawan Kurniawan mengatakan, Musashi diamankan di kediamannya di Keramat Jati Jakarta oleh Tim Tabur Kejaksaan Agung.

"Tadi malam terpidana sudah dibawa ke Jambi, kemudian hari ini (read kemarin) sudah di bawa ke Lapas II B Muara Tebo untuk dieksekusi," ujar Wawan.

Wawan menjelaskan sebelumnya dalam putusan Pengadilan Negri Jambi menguatkan putusan Pengadilan Negeri Tindak Pidana Korupsi Jambi terpidana Musashi divonis 5 tahun penjara dan pidana denda sebanyak Rp 300 juta subsideir dua bulan kurungan penjara.

Baca juga: Musashi Pangeran Barata Akhirnya Tiba di Kejati Jambi Setalah 1 Tahun Buron

Selanjutnya berdasarkan Putusan Mahkamah Agung Nomor: 381/K/PID.SUS/2021 tanggal 19 Oktober 2021, menolak permohonan kasasi terpidana Musashi Pangeran Batara

"Kerugian negara kurang lebih Rp 1,5 miliar," ungkap Wawan.

Musashi merupakan Direktur PT Bungo Tanjung Raya sebelumya menjadi Daftar pencarian Orang (DPO) Sebanyak dua kali oleh Tim Tabur Kejaksaan Agung.

"Pertama ditangkap oleh tim DPO Kejaksaan Agung waktu itu ada penangguhan penahanan di Mahkamah Agung tingkat kasasi, yang kedua DPO kurang lebih satu setengah tahun dan berhasil ditangkap saat ini," kata Wawan.

Waktu penangkapan sempat terjadi perlawanan dari terpidana dengan cara melompat atas genting rumah warga berusaha melarikan diri, kemudian dihalangi oleh warga dan akhirnya berhasil ditangkap oleh Tim Tabur Kejaksaan Agung.

Baca juga: Musashi Pangeran Batara Diamankan Setelah Ditetapkan Sebagai DPO Kejari Tebo

"Waktu itu di persidangan ada 4 terdakwa 3 orang lainya sudah kita eksekusi di Lapas Jambi, jadi satu orang ini kita ekasekusi di Lapas Tebo," pungkasnya. 

Ikuti berita terbaru Tribunjambi.com di Google News

Sumber: Tribun Jambi
  • Berita Populer
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved