Berita Muaro Jambi

Ratusan Anak Stunting di Muaro Jambi Bakal Dapat Bantuan Pemda

Ratusan keluarga yang anaknya masuk dalam kategori stunting di Muaro Jambi bakal diberikan bantuan setiap bulannya.

Penulis: Muzakkir | Editor: Rian Aidilfi Afriandi
Istimewa
PJ Bupati Muaro Jambi Bachyuni Deliansyah saat program bapak asuh. 

TRIBUNJAMBI.COM, SENGETI - Ratusan keluarga yang anaknya masuk dalam kategori stunting di Muaro Jambi bakal diberikan bantuan setiap bulannya.

Bantuan ini berupa uang tunai sebesar ratusan ribu rupiah per anak. Bantuan ini diberikan setiap bulan oleh Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS).

Bantuan ini sifatnya tidak diberikan langsung dari bapak asuh kepada anak tersebut, melainkan dikumpulkan oleh pemerintah dan nantinya diserahkan kepada keluarga tersebut.

Program BAAS ini telah dilaunching oleh PJ Bupati Muaro Jambi, Bachyuni Deliansyah, Selasa (3/1) dikawasan Mestong Kabupaten Muaro Jambi. Launching ini dihadiri oleh Forkompinda dan seluruh kepala OPD dilingkup pemerintah kabupaten Muaro Jambi.

Dalam kesempatan itu, PJ Bupati juga menyapa anak asuh dengan bapak asuh melalui zoom metting dari desa yang terdapat kasus stunting di 11 kecamatan dalam kabupaten Muaro Jambi.

Program bapak asuh telah dilaksanakan dengan melibatkan kepala OPD, dunia usaha dan dan CSR di kabupaten Muaro Jambi dan sudah menjangkau kelompok sasaran sebanyak 900 keluarga stunting dengan rincian 178 dari OPD 722 dari dunia usaha. Nantinya anak-anak yang dikategorikan stunting akan berikan bantuan di setiap bulannya.

''Saya juga mengajak peran serta semua pihak baik masyarakat maupun lembaga untuk bergotong-royong dalam menangani pencegahan stunting di kabupaten Muaro Jambi yang kita cintai. Sehingga kita dapat berkontribusi secara optimal dalam mencapai target nasional penurunan stunting di angka 14 persen di tahun 2024,'' kata Bachyuni

Namun demikian, secara bertahap intervensi penurunan stunting di kabupaten Muaro Jambi dapat dilaksanakan walaupun saat ini masih belum maksimal. Masih perlu upaya dan komitmen bersama secara terpadu dan berkelanjutan diantaranya dengan program Bapak Anak Asuh Stunting (BAAS).

Dengan konsep program tersebut adalah para bapak ayah asuh berperan sebagai donatur yang membantu target sasaran melalui dana rutin yang disumbangkan setiap bulan.

Dengan target sasaran yang berasal dari keluarga stunting keluarga beresiko stunting yakni calon pengantin ibu hamil dan anak-anak balita baduta maupun balita

''Dalam kesempatan ini saya mengajak stakeholder seluruh upd camat dan kepala Puskesmas dalam lingkup kabupaten Muaro Jambi bank dunia pimpinan dunia usaha dan agar dapat berpartisipasi menjadi bapak asuh anak stunting sesuai dengan data intervensi yang telah ditetapkan dengan mengeluarkan 450.000 setiap bulan selama 6 bulan sesuai petunjuk teknis,'' ujarnya.

''Program bapak asuh anak stunting ini merupakan komitmen saya selaku kepala daerah yang merupakan praktik baik best prestise prestise dalam percepatan penurunan stunting di provinsi Jambi dan dapat dijadikan contoh oleh kabupaten provinsi Jambi,'' sambungnya.

Dalam kesempatan itu, PJ Bupati juga menyapa anak asuh dengan bapak asuh melalui zoom metting dari desa yang terdapat kasus stunting di 11 kecamatan dalam kabupaten Muaro Jambi.

Baca juga: Jumlah Penumpang Bandara Sultan Thaha Jambi Kembali Meningkat

Baca juga: Saksi Ferdy Sambo Sebut Sambo Tak Bisa Dimintai Pertanggungjawabannya, Ronny Balas Fakta Persidangan

Baca juga: Renungan Harian Kristen 4 Jan 2023 - Tidak ada Kompromi Ketika Percaya Yesus

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    berita POPULER

    © 2023 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved