Potensi Ketenagakerjaan di Kabupaten Tebo

Jumlah penduduk yang terus meningkat tanpa di ikuti pertambahan lapangan pekerjaan  selalu menjadi pemicu menjamurnya tingkat pengangguran.

Editor: Rahimin
istimewa
Dalam perencanaan pembangunan, data mengenai ketenagakerjaan memegang peranan yang sangat penting 

Potensi Ketenagakerjaan di Kabupaten Tebo

Oleh : Fatmawati, SE

Statistisi Ahli Muda pada Fungsi Nerwilis Badan Pusat Statistik Kabupaten Tebo

TRIBUNJAMBI.COM - Masalah ketenagakerjaan adalah suatu masalah pokok yang harus di hadapi oleh setiap daerah. 

Jumlah penduduk yang terus meningkat tanpa di ikuti pertambahan lapangan pekerjaan  selalu menjadi pemicu menjamurnya tingkat pengangguran.

Setiap daerah sangat membutuhkan generasi  penerus yang  terampil dan mandiri sebagai sumber daya manusia berkualitas yang berfungsi  sebagai tenaga pembangunan suatu daerah.

Dalam perencanaan pembangunan, data mengenai ketenagakerjaan memegang peranan yang sangat penting.

Sebab, tanpa tenaga kerja tidak mungkin proses pembangunan dapat terlaksana dengan baik karena data tenaga kerja dapat dijadikan acuan pemerintah dalam merencanakan pembangunan di masa yang akan datang.

Ketenagakerjaan merupakan  penduduk yang berada dalam usia kerja, sedangkan menurut UU nomor 13 tahun 2003  bab I pasal 1 ayat 2 disebutkan bahwa tenaga kerja adalah  setiap orang yang mampu melakukan pekerjaan guna  menghasilkan barang dan jasa baik untuk memenuhi kebutuhan sendiri maupun  barang dan jasa  baik untuk emenuhi kebutuhan sendiri maupun masyarakat.

Penduduk yang digolongkan tenaga kerja  jika  penduduk tersebut telah memasuki usia kerja yang berlaku di Indonesia adalah berumur  15 tahun – 64 tahun.

Halaman
123
  • Baca Juga
    Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved