Editorial

Aroma Amis Penggunaan Private Jet

Kabar penggunaan private jet oleh bekas  Karo Paminal Propam Mabes Polri Brigjen Hendra Kurniawan untuk ke Jambi, sudah mengemuka sejak awal September

Editor: Deddy Rachmawan
kolase tribunjambi.com
Brigjen Hendra Kurniawan dan Irjen Ferdy Sambo. 

Kabar mengenai penggunaan private jet atau jet pribadi oleh bekas  Karo Paminal Propam Mabes Polri Brigjen Hendra Kurniawan untuk ke Jambi, sudah mengemuka sejak awal September.

Itu merupakan pengakuan Hendra dalam berita acara pemeriksaan (BAP) sidang pemeriksaan etik di kasus pembunuhan Brigadir Yosua.

Hendra tidak sendiri saba ke Jambi.  Ia bersama Kombes Santo, Kombes Agus Nurpatria, AKP Rifaizal Samual, Bripda Fernanda, Briptu Sigit, Briptu Putu, dan Briptu Mika. Mereka ke Jambi pada Senin (11/7) tepat di hari pemakaman Brigadir Yosua.

Kini, di tengah penanganan kasus pembunuhan Brigadir Yosua yang terasa berjalan lambat, penggunaan pesawat pribadi itu jadi sorotan.

Pertanyaan sederhananya tentu, siapa pemilik private jet itu? Apa hubungan Hendra dengan pemilik pesawat?

IPW mengidentifikasi private jet yang dipakai oleh Brigjen Hendra Kurniawan tersebut tipe Jet T7-JAB. Menurut Ketua IPW Sugeng Teguh Santoso pemilik jet pribadi itu merupakan 'Ketua Konsorsium 303' yang dalam catatan IPW merupakan ketua konsorsium judi online Indonesia.

Pesawat itu menurutnya sering dipakai oleh seorang bos yang juga mantan narapidana kasus korupsi.  Tak heran bila kemudian IPW membahasakan aroma amis terkait penggunaan private jet tersebut.

Setelah terungkapnya kasus pembunuhan Brigadir Yosua, tiba-tiba saja beredar di publik konsorsium 303 yang menyebut-nyebut nama Ferdy Sambo di hierarkinya.

Baca juga: Temui Keluarga Brigadir Yosua, Brigjen Hendra Diduga IPW Disokong Konsorsium 303

Kemudian, Polri gencar melakukan razia tindak perjudian. Kata Kapolri, taka da lagi toleransi. Lalu kini disusul pula soal kepemilikan jet pribadi tersebut yang lagi-lagi diduga terkait dengan bos judi.

Tentu ini semakin membuat publik bertanya-tanya, jangan-jangan kabar burung mengenai konsorsium 303 itu nyata bukan rekaan semata.  

Baca juga: Beredar Video Brigjen Hendra Kurniawan ke Rumah Brigadir Yosua di Jambi, Dijaga Banyak Polisi

Terkait private jet yang dipakai oleh Hendra Cs Polri belum berkomentar banyak. Tapi Kadiv Humas Polri Irjen Dedi Prasetyo di Mabes Polri, mengatakan hala itu tengah diusut oleh Timsus Pengawasan dan Pembinaan Profesi (Wabprof) Divisi Propam Polri.

Sudah sepatutnya institusi Polri dijaga dari tangan-tangan dan kelompok jahat. Polri harus steril dari orang yang memanfaatkan kekuasaannya untuk kepentingan pribadi dan segelintir oknum.

Baca juga: Brigjen Hendra Kurniawan Naik Jet Pribadi jenis Hawker Saat ke Jambi Temui Orangtua Brigadir Yosua

Pernyataan Presiden Jokowi agar kasus kematian Brigadir Yosua jangan ditutup-tutupi harusnya tidak dilokalisir sebatas pembunuhan ajudan Sambo tersebut. Tapi, menjadi momentum bersih-bersih menarik semua yang terkait, terlibat dalam rangkaian kasus ini. Sebagaimana Kapolri kemudian membubarkan Satgasus Merah Putih yang dipimpin Sambo.

Dan bersih-bersih itu salah satunya, ya mengungkap apa yang disebut IPW aroma amis di balik penggunaan private jet ini. (*)

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    Tribun JualBeli
    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved