Berita Jambi

Mahasiswa PLP PIAUD Diterima di 7 Lembaga Pendidikan

Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) menjadi istilah yang kini diterapkan dalam rangka terjun ke lapangan bagi para mahasiswa semester 7 (angkatan 2

ist
Mahasiswa PLP PIAUD Diterima di 7 Lembaga Pendidikan 

TRIBUNJAMBI.COM,JAMBI - Pengenalan Lapangan Persekolahan (PLP) menjadi istilah yang kini diterapkan dalam rangka terjun ke lapangan bagi para mahasiswa semester 7 (angkatan 2019).

Sebelumnya istilah yang familiar adalah Praktek Pengalaman Lapangan (PPL). Sementara istilah PPL dipakai tatkala mahasiswa melanjutkan studi ke jenjang yang lebih tinggi lagi yakni Pendidikan Profesi Guru (PPG) yang nanti nya berhak mendapat penyematan gelar Gr dibelakang namanya setelah selesai kuliah di PRODI PPG.

PRODI PIAUD, hari ini, senin (12/09/2022) secara serentak PRODI PIAUD mengantarkan para mahasiswanya ke tujuh lembaga pendidikan untuk ditempatkan, diantaranya RA DWP Kanwil Kemenag Provinsi Jambi yang berada di kawasan Thehok kota Jambi dengan Dosen Pembimbing Lapangan (DPL), Amrindono, M.Pd.I, kemudian di TK ABA 4 di lokasi Kota Baru, kota Jambi dengan DPL, Ridwan M.Psi, Psikolog.

Selanjutnya RA Nurul Yaqin bersama DPL Sapriya Utami, M.Pd bertempat di Sungai Duren Kabupaten Muaro Jambi dan RA Almira seputaran Auduri kota Jambi bersama DPL Nurlinda, M.Pd. Ada juga di TKIT Annahl di Karya Kota Jambi dengan DPL Husin, M.Pd. I dan PAUD Mutiara Hati kawasan Arizona Kota Jambi bersama DPL Atika Wirdasari, M.Pd serta TK Al Falah kawasan Pasar Jambi kota Jambi dengan DPL Achmad Fadlan, M.Pd.I.

Ridwan ketua PRODI PIAUD UIN Jambi menuturkan kalau PRODI nya menempatkan para mahasiswa nya untuk dapat memperoleh bekal dan pengayaan dalam proses pembelajaran yang sebenarnya ke beberapa lembaga pendidikan dan berharap segala teori yang telah didapatkan bisa diimplementasikan ketika dilapangan.

Didampingi Sunarto sekretaris PRODI, Ridwan juga manyampaikan keberadaan 63 mahasiswanya menyebar dan ditempatkan sesuai dengan kebutuhan sekolah.

Yang terbanyak ada di RA DWP Kemenag Provinsi Jambi dengan menempatkan 11 mahasiswa.

RA DWP yang dipimpin Siti khodijah ini memiliki 280 siswa, tentu siswa paling terbanyak diantara yang ada dan rombel atau kelas mereka sendiri ada 14.

"RA DWP ini pula yang menjadi sekolah atau RA percontohan se Provinsi Jambi, wajar kiranya kita menempatkan mahasiswa terbanyak di RA DWP," ujar Ridwan.

"PLP akan dilaksanakan selama lebih kurang 2 bulan, waktu yang cukup bagi mahasiswa mencari bekal pengetahuan dan praktek meski secara ideal waktu tersebut dirasa kurang, tinggal lagi mahasiswa memanfaatkan dengan waktu yang ada tersebut," ungkap Ridwan

Dalam pesan akhirnya, Ridwan berharap para mahasiswa dapat semakin meningkatkan kreatifitasnya, jangan hanya berdiam diri dan menunggu perintah, lakukan dan berikan yang terbaik sehingga kehadiran para mahasiswa akan meninggalkan kesan yang positif bagi lembaga penempatan.

"Kita juga bersyukur bahwa para kepala sekolah menerima DPL dan mahasiswa kita dengan baik yang kesemuanya berkat kerja sama dan komunikasi yang telah kita bangun," tutup Ridwan.

Simak berita terbaru Tribunjambi.com di https://news.google.com/publications/CAAqBwgKMJyVjg persen20swm--gAw?ceid=ID:id&oc=3

Sumber: Tribun Jambi
  • Ikuti kami di
    KOMENTAR

    BERITA TERKINI

    © 2022 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
    All Right Reserved